Anggota TNI AU di Kalijati Subang saat melaksanakan donor darah dalam rangka menyambut Hari Bakti TNI AU ke-73.
- iklan atas berita -

METROTIMES, SUBANG – Dalam rangka peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-73, Lanud Suryadarma menyelenggarakan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Hoediyono Lanud Suryadarma. Kalijati Subang. Rabu (22/7/2020).

Kegiatan bakti sosial donor darah tersebut, TNI AU khususnya Lanud Suryadarma bekerja sama dengan PMI Kabupaten Subang untuk pelaksanaannya yang melibatkan 11 orang personel PMI beserta peralatannya dan dibantu oleh anggota kesehatan dari RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadarma serta tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan guna menghindari wabah Covid-19.

Pelaksanakan donor darah ini diikuti sebanyak 165 anggota dari Lanud Suryadarma, Wingdiktek, Wingdikkal dan Kipan C Yonko 461 Paskhas dan dari ibu-ibu PIA Ardhya Garini Bakorcab Kalijati. Kemudian peserta donor sebelum diambil darahnya di cek terlebih dahulu kesehatannya, apakah memenuhi persyaratan atau tidak, apabila peserta yang memenuhi persyaratan kemudian diambil darahnya.

Menurut Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., saat acara donor darah mengatakan bahwa bakti sosial kesehatan donor darah yang sama-sama kita laksanakan ini adalah kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-73.

“Kegiatan donor darah ini adalah merupakan kegiatan sosial yang cukup penting dan perlu untuk terus dilaksanakan. Karena selain memiliki nilai manfaat yang cukup tinggi terhadap keselamatan jiwa seseorang, juga ada manfaat tersendiri utamanya untuk kepentingan kesehatan diri masing-masing” jelas Komandan.

ads

Komandan juga menjelaskan bahwa kita juga harus menyadari karena darah yang dikaruniakan Allah SWT, untuk menunjang kehidupan manusia belum dapat diproduksi oleh pabrik manapun, karena itu setetes darah akan dapat menyelamatkan jiwa seseorang. “Untuk itu diharapkan kepada pendonor yang dinyatakan sehat oleh medis agar dapat menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan,” Harap Komandan.

Disela-sela acara donor, Ka RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadarma Kapten Kes dr. Indria Sari, Sp.B., MPH., menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini dari rumah sakit dr. Hoediyono Lanud Suryadarma bekerja sama dengan PMI Kabupaten Subang untuk melaksanakan donor darah dalam rangka Hari Bakti TNI AU.

“Kegiatan donor darah ini kita laksanakan beberapa tahap dan bergilir bagi pendonor untuk menjaga dari kerumunan anggota dan juga diterapkan Physical distancing/jaga jarak sesuai protokol kesehatan untuk mencegah wabah Covid-19” jelasnya.

“ Pada kegiatan donor darah kali ini para calon pendonor yang terdaftar sebanyak 165 orang namun hingga akhir kegiatan berhasil dikumpulkan sekitar 161 kantong darah dengan berbagai golongan darah untuk di simpan di PMI Subang dan yang lainnya tidak bisa melaksanakan donor karena tidak memenuhi persaratan sebagai pendonor”pungkas dr. Indria Sari, Sp.B., MPH.

Sedangkan menurut wakil dari PMI Subang dr. H. Mugia Nugraha, MM., yang juga menjabat sebagai wakil ketua Yankesmasos Subang mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan suatu kerjasama yang sangat-sangat baik antara TNI khususnya Lanud Suryadarma dengan PMI yang selalu kita nantikan dari rutinitas dari acara kegiatan donor darah ini. suatu hal yang luar bisa dari Lanud Suryadarma khususnya dapat menyediakan pendonor darah untuk stok darah di PMI. “ untuk itu kami mengucapankan terima kasih kepada Komandan Lanud Suryadarma yang sudah mengizinkan anggotanya untuk mendonorkan darah ke PMI Subang” jelasnya.

“kami berharap dari Lanud Suryadarma bisa secara rutin 3 bulan sekali atau apabila ada event-event tertentu yang ada di TNI AU untuk mengadakan donor darah sehingga kita dapat bisa hadir ke sini untuk melakukan kegiatan amal ini sehingga stok darah di PMI kami dapat terus tersedia ” harap Mugia.

Hadir dalam kegiatan donor darah ini diantaranya Komandan Wingdikkal Kolonel Kal Hidayat Januardi, Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Khairun Aslam, Ketua PIA AG Cabang 5/ D. I Lanud Suryadarma Ny. Tanti Djohn Amarul, ketua PIA AG Cabang 8/G II Wingdikkal Ny. Hidayat Januardi, Para Kepala Dinas dari Lanud Suryadarma , Wingdiktek, Wingdikkal dan para pengurus PIA AG Bakorcab Kalijati. (RED-MTN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!