Plt Kepala Disdag Kendal Bangun Sinergisitas dan Samakan Persepsi Dengan Pedagang Pasar Weleri Jelang Relokasi

0
630
- iklan atas berita -

 

Metro Times Kendal – Samakan persepsi antara pemerintah daerah dengan pedagang Pasar Weleri yang mengalami musibah kebakaran pasar beberapa waktu lalu terkait adanya rencana relokasi ke tempat baru, Plt Kepala Disdag Kabupaten Kendal, Alfebian Yulando menemui perwakilan pedagang dan pendampingnya, Sabtu malam (30/1/2021).

Pertemuan selain Paguyuban Pedagang Weleri Bangkit, juga dihadiri Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI), Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan karang taruna desa setempat.

Alfebian Yulando mengatakan, pertemuan ini sebagai ajang silaturahmi dilakukan untuk membangun sinergisitas dan menyamakan persepsi, untuk memberikan solusi yang terbaik bagi para pedagang yang terdampak kebakaran Pasar Weleri beberapa waktu lalu.

“Ada tiga poin penting yang disampaikan dalam pertemuan ini. Yang pertama, membuatkan relokasi pasar tanggap darurat di eks terminal. Kedua, relokasi tetap di eks pasar hewan Desa Penyangkringan, Weleri. Poin ketiga, pendataan para pedagang yang terdampak kebakaran,” kata pria yang akrab disapa Febi.

ads

Febi menjelaskan, untuk poin pertama sudah berjalan 90 persen. Poin kedua masih dalam proses teknis lelang. Besaran anggarannya Rp 3,6 miliar dari sumber APBD Kendal. Kemudian poin ketiga sedang berjalan.

Dirinya juga menegaskan, semua hal tersebut bisa berjalan berkat respon cepat Pemerintah Kabupaten Kendal.

“Perlu digaris bawahi, ni semua merupakan respon cepat Bupati Kendal dalam penanganan pasca terbakarnya Pasar Weleri,” tandas Febi.

Sementara itu Ketua GNPK-RI, Johan Indarto mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Plt Kadisdag Kendal, dalam merespon keinginan para pedagang.

“Kami respek dengan pak Febi. Beliau mendengar dan mengingat apa yang menjadi keresahan serta keluh kesah kami. Semoga selanjutnya juga dicatat agar lebih baik lagi. Karena banyak pejabat yang abaikan dengan kemanusiaan dan lebih mengedepankan kedinasan semata,” ungkapnya.

Johan berharap, Pemerintah Daerah bisa membangun hal baru, dengan lebih mengedepankan suara para pedagang untuk relokasi hingga pembangunan pasar induk Weleri I.

“Kami berharap, semoga Pak Febi tidak hanya menjadi PLT, tapi menjadi Kepala Disperindag yang sebenarnya. Karena kami butuh kepala dinas seperti yang beliau lakukan selama ini,” harapnya.

Senada diungkapkan Suwarno dari Paguyuban Pasar Weleri Bangkit. Dirinya bersama teman-teman paguyuban tidak menyangka jika pejabat baru Plt Kadisdag bisa hadir meski di hari libur.

“Menyenangkan dan gak menyangka, kalau beliau, kita undang di hari libur kerja ternyata bisa rawuh, ini luar biasa. Kami Paguyuban Pasar Weleri Bangkit memberikan apresiasi kepada pak Febi, yang tanggap dan gerak cepat dalam merespon kesusahan kami. Kami siap untuk selalu koordinasi dengan dinas perdagangan,” ungkapnya. (Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!