- iklan atas berita -

 

 

MetroTimes (Magelang) Tiga Pilar Garda Terdepan Kamtibmas Kabupaten Magelang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa telah melangsungkan Apel di Lapangan Drh Soepardi Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Rabu (18/4).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Polres Magelang Polda Jateng. Bertindak selaku pemimpin apel Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo SIK SH, dengan dihadiri Oleh Pj Bupati Magelang, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Wakil Ketua DPRD, PJU Polres Magelang, dan Kapolsek.

“Kegiatan ini dalam rangka mendorong terpeliharanya Kamtibmas terutama di desa/kelurahan. Kita harapkan ke 3 (tiga) pilar yaitu Kepala desa / Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, selalu bersinergi terutama dalam deteksi dini gangguan-gangguan kamtibmas, ketertiban, penegkan hukum, serta perlindungan dan pengayoman masyarakat,” papar Kapolres dalam sambutanya.

ads

Lebih lanjut Kapolres Magelang mengatakan, tujuan apel tiga pilar garda depan adalah untuk mensinergikan tugas dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa/Lurah sebagai ujung tombak dan garda terdepan dalam mewujudkan situasi serta kondisi lingkungan yang aman dan nyaman.

Kapolres menyebutkan bahwa tugas pokok dan fungsi Kepala Desa/Lurah harus memegang teguh pengamalan Pancasila, UUD 1945 serta dapat memelihara keutuhan NKRI, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sementara Babinsa sebagai unsur pelaksana Koramil bertugas melaksanakan bimbingan dan tugas teritorial, memberikan penyuluhan bela negara, serta membangun masyarakat di bidang ketahanan dan keamanan negara,” jelas Hari Purnomo.

“Budayakan kembali kegiatan-kegiatan yang dapat mencegah terjadinya tindakan kriminal seperti siskamling, ketentuan wajib lapor bagi pendatang. Dan yang terpenting adalah selalu siap siaga dalam segala hal sehingga secara cepat dan tepat dapat menanggulangi potensi permasalahan yang ada,” terang Hari Purnomo.

Menyinggung Pilkada 2018, Kapolres Magelang menegaskan, Polri, TNI dan ASN atau Kepala Desa wajib netral, karena tidak netralan akan menciptakan suasana tidak aman dan bisa memicu kerusuhan.

“Netralitas bagi kami adalah komitmen dan kehormatan. Manakala tidak netral, itu merupakan pemicu tidak aman dan kerusuhan pada pelaksanaan Pilkada 2018,” pungkas Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo SIK SH.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!