- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kabupaten Purworejo akan segera memiliki Terminal Tipe A yang nantinya akan dikembangkan menjadi terminal terpadu dengan basis transit orianted development (TOD). Terminal terpadu ini akan memiliki multifungsi, tidak hanya terminal tetapi juga dapat berfungsi sebagai perkantoran, pusat bisnis, pusat perbelanjaan dan aktifitas penunjang ekonomi lainnya.

Hal itu diketahui usai Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM melakukan pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Irjen Pol Drs Budi Setiyadi SH MSi di Jakarta, Selasa (25/5/2021). Turut hadir Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi beserta ketiga Wakil Ketua DPRD Purworejo, Sekda, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda sekaligus Plt Kepala Dinhub, Kepala Dinas PUPR, dan beberapa pejabat terkait.

“Purworejo akan dibangunkan Terminal Tipe A oleh Kementerian Perhubungan. Lokasinya didepan Mapolres Purworejo. Kita sudah sharing tanah dan sudah kita serahkan ke pemerintah pusat. Terminal ini nanti akan multifungsi, tidak hanya terminal tetapi juga bisa sebagai perkantoran, pusat bisnis, UMKM dan sebagainya untuk menggerakkan ekonomi di Purworejo. Bisa juga untuk sport center karena dekat dengan GOR,” kata Sekda Purworejo Drs Said Romadhon.

Dijelaskan jika tahun ini pembangunan terminal akan dimulai dengan proses pemadatan tanah karena harus ditinggikan 1,5 meter. Purworejo yang terletak disegitiga perlintasan antara jalur dari barat, timur dan dari utara memang membutuhkan pengembangan layanan transportasi yang baik.

“Harapannya Purworejo menjadi daerah yang ramai, pusat transportasi yang baik dan ekonominya berkembang,” imbuhnya.

ads

Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi berharap, status tanah yang telah dihibahkan itu dapat segera dibangun oleh pemerintah pusat menggunakan APBN. Dirinya juga berharap agar proses pembangunan terminal terpadu ini tidak berlarut-larut, dikarenakan harus menunggu pihak swasta.

“Harapan kami terminal Tipe A ini dapat sebagai pusat keramaian  baru di Kabupaten Purworejo, dan bisa untuk sarana pemuda dan olahraga,” kata Dion.

Sementara itu, Bupati Agus Bastian berharap kawasan terminal Tipe A ini dapat disatukan dengan hotel, mall yang tentunya memiliki lokasi yang strategis karena berada dijalan utama. Dengan hadirnya terminal ini juga dapat sebagai penunjang tranportasi ke YIA, kawasan BOB dan Bendungan Bener.

“Saya berharap ini benar-benar dapat terealisasi. Purworejo memang berada dikawasan segitiga emas.  Peluang ini hendaknya dapat kita manfaatkan demi untuk peningkatan perekonomian Kabupaten Purworejo,” ujarnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!