Rapimnas Kadin 2020, Kadin Jateng Suarakan Program Digitalisasi UMKM

0
927
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng Paradigma Baru, Ali Abdul Rohman, ST saat memberikan pandangan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia 2020 di Hotel Sultan Jakarta yang berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (9-10/10).
- iklan atas berita -

Metro Times Jakarta – Di era transformasi digital atau yang sering disebut Revolusi Industri 4.0 (Revolusi Industri Keempat) sekarang ini, para pelaku usaha dituntut untuk meningkatkan daya saing UMKM sebagai motor ekonomi Nasional. Teknologi digital juga memberikan peluang besar bagi negara-negara di seluruh dunia.

Hal tersebut disuarakan oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng Paradigma Baru, Ali Abdul Rohman, ST saat memberikan pandangan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia 2020 di Hotel Sultan Jakarta yang berlangsung Jumat-Sabtu (9-10/10).

“Kami telah mempelajari survei primer pada UMKM ini menunjukkan bahwa 82 persen UMKM di Indonesia memiliki keinginan bertransformasi secara digital agar bisa menghadirkan produk dan layanan baru ke pasar,” kata Ali.

Ali melanjutkan, Kadin Jateng berkomitmen untuk membantu UMKM di Jawa Tengah untuk melakukan transformasi digital. Pelaku UMKM sadar akan pengalamannya jauh dari pasar. Untuk itu membutuhkan berbagai inovasi agar produknya lebih mudah dicari konsumen.

“Transformasi ini penting, untuk meningkatkan daya saing dan percepatan pertumbuhan ekonomi dari krisis pandemi akibat Covid-19. Namun kami menyadari digitalisasi membutuhkan proses perubahan mindset bisnis yang sangat fundamental. Dan hal ini membutuhkan pendampingan dan ketelatenan,” katanya.

ads

Terkait cara meningkatkan proses produksi yang lebih efektif dan cepat, Ali menyatakan siap menjadi penghubung pelaku UMKM untuk mendapatkan peluang akses yang menguntungkan. “Dalam hal ini Kadin menjembatani UMKM Jateng untuk mendapatkan akses bantuan dukungan alat produksi dengan skema kemitraan,” jelasnya.
Dalam Rapimnas Kadin Indonesia 2020 yang digelar secara langsung yang berpusat di Hotel Sultan Jakarta serta dalam bentuk webinar dibuka langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dihadiri Ketua Dewan Pembina Kadin dan mantan Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Kadin Indonesia, Eddy Ganefo beserta jajaran pengurus, utusan Kadin Se-Indonesia serta para pimpinan asosiasi-asosiasi profesional dan dagang. Dalam Rapimnas Kadin 2020 juga mengukuhkan Kadin Artis Entrepreneur Indonesia yang diketuai artis Rizal Djibran.
Rizal Djibran mengaku senang mendapat kepercayaan menjadi ketua Kadin Artis Entrepreneur Indonesia. Ia berharap dengan adanya Kadin Artis Entrepreneur Indonesia supaya teman-teman artis bisa mandiri secara ekonomi di saat tidak ada job untuk main sinetron seperti dimasa pandemi sekarang ini. “Karena pekerja seni tidak bisa dijadikan patokan. Kapan shooting kapan tidak, oleh karena itu, kita membuat opsi-opsi untuk mengajak semua artis bergabung agar bisa belajar bareng menjadi enterprenuer,” tandasnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!