- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Ratusan pelajar dari berbagai sekolah jenjang SMA sederajat menyatu dalam Kemah Bakti Pemuda Tahun 2017 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Purworejo.

Selama 2 hari, Selasa-Rabu (12-13/12), mereka difasilitasi untuk meningkatkan moralitas dengan melakukan beragam kegiatan di kompleks GOR WR Supratman Purworejo.

Pembekalan peran pemuda dalam menjaga keutuhan NKRI oleh narasumber dari Kodim 0708 menjadi materi pertama. Dilanjutkan materi Pembinaan Pemuda dalam pemanfaatan Ruang Publik oleh narasumber dari Polres Purworejo.

Berikutnya hingga hari kedua, seluruh peserta diajak membangun jiwa kompetitif lewat 3 lomba, yakni ketangkasan, PBB Variasi, dan drama.
Aksi sosial juga dilakukan, yakni bersih sampah dan pemberian bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu di Kelurahan Kledung Kradenan atau sekitar kompleks GOR.

Kepala Dindikpora Kabupaten Purworejo, Dr Akhmad Kasinu, saat membuka kegiatan mengungkapkan bahwa Kemah Bakti Pemuda merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan generasi emas Indonesia. Menurutnya, gangguan dan tantangan pemuda saat ini sangat kompleks sehingga perlu benteng yang kuat.

ads

“Kepemimpinan Indonesia Emas ke depan ada di tangan Anda semua. Jadi persiapkan sejak saat ini,” ungkapnya.
Kasi Kepemudaan dan Kepramukaan Dindikpora, Drs Poniran, menjelaskan bahwa sejumlah kegiatan dalam Kemah Bakti Pemuda tahun ini disesuaikan dengan tema untuk meningkatkan moralitas pemuda.

“Kita rancang kegiatan agar peserta dapat mengasah kematangan intelektual, kreativitas, menumbuhkan rasa percaya diri, daya inovasi, dan semangat kesetiakawanan serta pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Disebutkan, terdapat 14 sekolah jenjang SMA/SMK/MA se-Kabupaten Purworejo yang diundang. Masing-masing sekolah mengirimkan 5 siswa putra dan 5 siswa putri.

“Kegiatan ini sekaligus untuk menyeleksi peserta yang akan dikirim dalam Kemah Bakti Pemuda Provinsi Jawa Tengah tahun 2018,” sebutnya.

Sementara itu, dari akumulasi nilai sejumlah kegiatan, juara 1 diraih oleh SMAN 5 Purworejo. Disusul juara 2 SMAN 1 Purworejo, dan juara 3 SMK TKM Purworejo.

Juara Harapan 1-3 berurutan SMAN 7, SMAN 3, dan SMK PN Purworejo. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!