Rektor Apresiasi Kerjasama Tanoto Foundation Dengan UNY untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia

0
325
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Sumaryono MKes menerima laporan tahunan dari Tanoto Foundation yang diserahkan oleh Koordinator Program PINTAR Tanoto Foundation Jawa Tengah dan Yogyakarta, Dr Nukolis MM.
- iklan atas berita -

 

 

 

Metro Times Kendal – Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Sumaryono MKes, dalam rilis yang diterima Metrotimes.news dari Tanoto Foundation, Rabu (17/2/2021), memberikan apresiasi kolaborasi Tanoto Foundation dan UNY dalam peningkatan mutu pendidikan yang sudah berjalan selama tahun 2020.

Untuk menguatkan jalinan kerjasama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, Tanoto Foundation pada Selasa 16 Februari kemarin, melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

ads

Sumaryono mengaku senang mendengar capaian-capaian yang telah dilakukan di tahun 2020.

“Sinergi antara kita dan Tanoto Foundation harus dilanjutkan. Kami senantiasa akan mengawal apa yang dilaksanakan oleh pendahulu kami untuk kita implementaskan lebih baik,” katanya.

Ia juga menegaskan pentingnya kolaborasi karena kolaborasi dengan program akan saling menguatkan banyak hal. Mulai dari satu pihak ke pihak lain. Mulai dari inovasi satu dengan inovasi-inovasi lain. Kedepan dia menginginkan adanya tambahan penerima manfaat dari sisi dosen, sekolah mitra, maupun konten materi yang dikembangkan. Baik modul maupun inovasi lainnya.

“Yang baik-baik tidak boleh ditinggalkan, harus terus ditingkatkan. Poin yang akan dilakukan ditahun 2021 telah direncanakan. Maka tetap harus dilaksanakan sebaik mungkin. Syukur tidak hanya empat fakultas saja. Namun ada tambahan banyak karena itulah esensi kita. Mikul duwur mendem jeru. Memulyakan prestasi yang diperoleh para senior-senior kami,” jelas guru besar ilmu keolahragaan UNY ini.

 

Sementara itu, Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Rer Nat Senam mengharapkan adanya kolaborasi tambahan khususnya untuk pengembangan mahasiswa dalam bentuk beasiswa. Senam berharap UNY bisa menjadi kluster pendidikan penerima beasiswa menambah 9 universitas lain yang telah bekerja sama sebelumnya.

“Kluster ini akan melengkapi kiprah dari Tanoto Foundation khususnya dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia,” ucapnya.

Berbeda dengan Senam, Dekan FMIPA Ariswan mengharapkan adanya kerja sama dalam penguatan program seperti sekolah-sekolah di Bantul dampigan UNY. Penguatan tersebut dalam bentuk lesson study. Prosesnya dapat dikomunikasikan lebih lanjut dengan beberapa pakar lesson study yang telah berpengalaman di UNY.

“Selain itu usul dari Dekan FIP juga perlu adanya seminar internasional tentang inovasi-inovasi yang telah dihasilkan. Kemudian dapat diterbitkan dalam jurnal-jurnal berskala internasional,” tukasnya.

 

Sementara itu, Koordinator Program PINTAR Tanoto Foundation Jawa Tengah dan Yogyakarta, Dr Nukolis MM mengatakan, bahwa meskipun kolaborasi dengan UNY baru dimulasi awal tahun 2020 telah banyak hal dilakukan. Dimulai dari penyusunan modul-modul pelatihan, pelatihan dan pendampingan untuk dosen-dosen pedagogi, pelatihan dan pendampingan untuk menguatkan sekolah mitra UNY dalam menyiapkan tempat praktik mahasiswa terbaik, dan juga mengembangkan berbagai inisiatif lain dalam masa adaptasi normal baru.

 

“Tahun 2021, kita merencanakan penguatan fasillitator dosen, sekolah mitra, pengembangan panduan PLP/PPL, workshop PTK untuk guru bersama dosen, serta penguatan piloting untuk PPG bekerjasama dengan Kemdikbud,” katanya.

 

Hadir dalam diskusi Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Dr Rer Nat Senam, Dekan FIP Dr Sujarwo M.Pd, Dekan FBS Dr Sri Harti Widyastuti, MHum, Dekan FIS Dr Suhadi Purwantoro MSi. dan Dekan FMIPA Prof Dr Ariswan serta Kepala Humas dan Sekretaris Rektor Dari Tanoto Foundation selain Dr Nurkolis MM, hadir juga Koordinator LPTK Dyah Karyati, dan Koordiantor Komunikasi Anang A Roziqin. (Gus)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!