- iklan atas berita -

METROTIMES (Teminabuan) – Ribuan Umat Muslim Teminabuan melaksanakan Sholad Ied Idul Fitri  1440 H yang dilaksanakan di Run Way Bandara Teminabuan, Rabu (05/06) pagi tadi.

Pantauan media ini terlihat sejumlah pejabat pemerintah kabupaten Sorong Selatan hadir dalam Ibadah tersebut diantaranya Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE Kapolres Sarong Selatan AKBP Hans Rahmatuloh, Irawan,S.IK, Asisten 3 Setda Sorsel H.M Aris,SKM,M Kes.,Kabag OPS Polres Sorsel dan Pimpinan OPD.

Ketua PHBI Sorong Selatan Karim Kaliki, S.Ag dalam laporanya menjelaskan Sholad Ied di kabupaten Sorong Selatan dilaksanakan di 7 Titik diantaranya di Ibukota Kabupaten Sarong Selatan  yaitu di kota Teminabuan, kampung Bumi Ajo,kampung Hasik Jaya Distrik Moswaren,Distrik Inanwatan dan  3 titik lainnya di laksanakan di Distrik Kokoda.

SholadI Ied merupakan sebuah  kemenangan yang telah kita capai,menurutnya  walaupun bulan puasa dijalankan dalam masa demokrasi namun  semua dapat berjalan sesuai dengan harapan pemerintah kabupaten Sorong Selatan.

Bantuan pemerintah terkait Perayaan Idulfitri kepada distrik di wilayah Imekko telah di salurkan dan  dipergunakan sebaik baiknya  “ungkapnya

ads

Sementara itu Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE dalam sambutan sebelum Sholad Ied dilaksanakan mengatakan baru baru ini  kita telah melewati  pesta demokrasi  yaitu pemilihan  presiden dan legislative  mulai tingkat  pusat  dan daerah,dijelaskan juga bahwa   dalam  pesta  demokrasi  yang telah  lalu ,tentunya  terdapat  perbedaan  dalam menentukan pilihan.

“Perbedaan  pilihan dalam hal demokrasi  itu adalah hal yang wajar namun terkadang pesta  demokrasi telah  berakhir  dan   perbedaan perbedaan itu masih  terasa disebagian orang untuk itu perbedaan  perbedaan atau putusnya  silahturahmi  ini hendaknya kita  perbaiki  dalam perayaan idulfitri ini,”ungkapnya

Merayakan  hari Raya Idulfitri adalah merupakan   hari dimana umat Islam kembali Fitrah atau bersih setelah  melaksanakan Ibadah Puasa sebulan lamanya.

Oleh karena itu dalam  kesempatan ini perayaan Idulfitri 1440 Hijriyah  hendaknya kita jadikan   momentum untuk  menghilangkan  perbedaan perbedaan yang ada  dan menyambung  tali silahturahmi bahkan mempererat hubungan silahturahmi kembali.

Dengan kembalinya  fitrah batin atau jiwa kepada Tuhan Yang Maha Esa maka umat Islam diwajibkan menyambung silahturahmi  saling maaf memafkan, saling bantu membantu, baik sesama umat islam, maupun antar umat beragama lainya  yang bertujuan untuk  mencapai kebersihan lahiriah,sehingga  hubungan  kepada Tuhan  bersih  dan hubungan  kepada sesama manusia juga bersih.

Dalam menyampaikan ceramah Khotib Ustadz Dardi Maarif mengajak jemaah untuk  bersama sama meningkatkan keimanan dan takwa kepada Allah SWT yang maha penyayang dan maha pengasih dengan cara menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala laranganya.

“Marilah kita buka seluas luasnya pintu Maaf yang telah lama tertutup kita buka hati suci kita,pikiran jernih kita dan singkirkan kotoran dalam jiwa kita yaitu rasa dendam ,benci dan permusuhan dianatara sesama kita,”ungkapnya.

Ibadah yang berlangsung hikmat dan khusuk ini dipimpin oleh Imam Ustadz Arafah Tampak juga bersama Bupati Sorong Selatan usai pelaksanaan Sholad Ied Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Martinus Salamuk,Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Selatan Dance Yulian Flassy,SE MSI,Kepala Kantor Kementerian Agama Sorong Selatan Drs. D.M. Syaranamual,M.Pd, Ketua Dewan Adat Suku Tehit  Michael Momot, S.Pd serta sejumlah pimpinan OPD.(JL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!