- iklan atas berita -

Metro Times (NTT) Sebagai pendatang baru di tanah NTT dalam mengemban tugas pengamanan perbatasan RI-RDTL Sektor Barat, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik melaksanakan acara penerimaan warga baru yang bertempat di Mako Satgas.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr. (Han)., dalam rilisnya di Desa Eban, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/8).

Diungkapkan Dansatgas, demi menjalin hubungan yang erat dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat serta menghormati adat istiadat warga setempat maka diadakan acara tersebut dengan mengundang tokoh adat serta tokoh masyarakat Desa Eban.

“Mewakili seluruh personel Satgas, saya selaku Dansatgas mengucapakan terimakasih kepada masyarakat Eban karena telah meluangkan sedikit waktu untuk melaksanakan tradisi ini, oleh karena itu kami akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik mungkin agar kehadiran kami disini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ungkap Dansatgas.

“Semoga dengan adanya acara adat ini harapan saya Satgas Yonarmed 3/105 Tarik dapat menjalankan tugasnya di wilayah, berangkat semangat kembali dengan selamat,” imbuhnya.

ads

Sementara itu salah satu tertua adat Martius Fobia (74) dalam upacara adat menyampaikan, inilah adat kami orang timor yang tutur bahasanya bahasa dawan timor, kami terima Komandan dengan anggota sebagai anak-anak kami untuk menjalankan tugas di RI-RDTL.

“Supaya selama beberapa bulan disini dalam menjalankan tugas dari siang sampai malam tidak terganggu, aman, damai dan sehat baik jasmani maupun rohani sampai selesai kembali tugas ke kampung halaman,” jelasnya.

Hadir pula tokoh masyarakat Desa Eban Januario Neti (56) mengucapkan bahwa pelaksanaan tradisi ini merupakan bentuk penghormatan kepada leluhur yang sudah dilakukan secara turun temurun oleh para pendahulu disini untuk menyambut warga baru yang akan tinggal di Desa Eban.

“Tradisi ini antara lain ditunjukkan untuk memanjatkan puji serta syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang telah diberikan khususnya keselamatan bagi para bapak TNI dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab selama di perbatasan,” kata Neti.

Di akhir acara, sebagai wujud terimakasih kepada tokoh adat setempat, Dansatgas Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr.(Han) memberikan kaos merah putih kepada tokoh adat yang hadir dalam acara tersebut sebagai rasa terima kasih karena telah menerima personel Satgas Yonarmed 3/105 Tarik di Desa Eban. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!