- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sebanyak 199 warga yang berkecimpung dalam usaha mikro di tiga kecamatan yakni Kecamatan Purwodadi, Ngombol, dan Bagelen, menerima bantuan Jaring Pengaman Ekonomi (JPE). Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH. Penyerahan bantuan tersebut dipusatkan di Kecamatan Purwodadi pada Rabu (22/9).

Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengatakan, bantuan JPE diberikan kepada usaha mikro terdampak Covid-19. Bantuan dari APBD Purworejo ini diharapkan, dapat bermanfaat untuk mengurangi dampak ekonomi akibat Covid-19. Bantuan JPE diberikan bagi usaha mikro yang banyak digeluti oleh sebagian masyarakat, dapat untuk mempertahankan. Syukur dapat untuk menambah pengembangan usaha. “Bantuan ini hendaknya jangan dilihat semata-mata dari nilainya, tapi sebagai wujud perhatian dan kepedulian pemerintah daerah,” harapnya.

Menurutnya, saat ini pandemi Covid-19 gelombang kedua di Kabupaten Purworejo mencatat sudah lebih dari 500 orang terkonfirmasi covid-19. Jumlah itu masih berpotensi terus bertambah, apalagi kalau masyarakat semakin abai dalam menerapkan protokol kesehatan. Memang di masa adaptasi kebiasaan baru (new habit), masyarakat boleh beraktivitas seperti biasa. Namun, kewaspadaan untuk pencegahan Covid-19 tetap menjadi prioritas, sehingga setiap aktivitas harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan Bambang Susilo melaporkan, usaha mikro menjadi salah satu sektor perekonomian yang terdampak pandemik covid-19 di Kabupaten Purworejo. Dibandingkan sebelum dan memasuki masa pandemi Covid 19, terdapat penurunan omset penjualan sebesar 58,93 %, penurunan asset sebesar 8,15 % dan penurunan tenaga kerja sebesar 23,15 %.

Bantuan disalurkan mulai tanggal 11 September di lima wilayah per eks Kawedanan. Penerima Bansos JPE Kabupaten Purworejo totalnya mencapai 1.125 usaha mikro yang terdampak Covid 19 tersebar di 16 Kecamatan meliputi sektor produksi makanan minuman, pertanian, kerajinan, industri, perdagangan dan jasa. “Sedangkan untuk eks kawedanan Purwodadi ini yang mendapat bantuan JPE sebanyak 199 usaha mikro,” jelas Bambang Susilo. (dnl)

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!