Sekertaris Dinarpus Terima Kunjungan Ketua IPI Jateng

0
1020
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Kendal, Alfebian Yulando ST. MA, yang akrab dipanggil Febi menerima kunjungan Ketua IPI Jawa Tengah, Itmamudin di ruang kerjanya, selasa (26/11/2019).

Kunjungan Ketua IPI Jateng dilakukan untuk membahas persiapan pelantikan pengurus IPI Kabupaten Kendal yang direncanakan segera dilakukan pada bulan Desember mendatang.

Febi dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa, Dinarpus Kendal terus berupaya agar minat baca masyarakat Kabupaten Kendal meningkat.

Upaya meningkatkan minat baca masyarakat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mendukung dibentuknya kepengurusan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Kendal.

ads

“Dengan dibentuknya IPI Kendal semoga dapat mengkordinir para pustakawan yang ada di Kabupaten Kendal, sehingga setiap kegiatan yang dilakukan demi meningkatkan minat baca masyarakat lebih terkordinasikan,” ungkap Febi.

Ketua IPI Jawa Tengah Itmamudin mengatakan, hadirnya IPI di Kabupaten Kendal untuk mengoptimalkan peran kepustakawanan yang ada di Kendal agar lebih optimal.

“Selama ini pustakawan-pustakawan yang ada di Kabupaten Kendal belum terwadahi dalam sebuah organisasi,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan, pustakawan sendiri adalah orang yang mengelola perpustakaan baik di dinas maupun di sekolah, dan di Kendal sendiri jumlahnya mencapai ratusan.

Menurut perhitungannya, seandainya di Kendal ada 500 sekolah baik SD, SMP maupun SMA yang negeri maupun swasta dan setiap sekolah mempunyai satu pustakawan yang mengelola, berarti ada 500 pustakawan yang ada di Kabupaten Kendal.

“Bisa dibayangkan jika perpustakaan mempunyai 3 pustakawan, jumlahnya bisa ribuan. Karena banyak juga dari beberapa perpustakaan mempunyai lebih dari satu pustakawan yang mengelolanya,” ungkapnya.

Dari jumlah yang ada tersebut, Itmamudin mangatakan bahwa, mereka para pustakawan butuh untuk diwadahi supaya dalam menjalankan tugasnya bisa menambah kompetensi dalam mengelola perpustakaan.

Ditambahkan Itmamudin, saat sekarang ini peran perpustakaan selain sebagai tempat untuk belajar juga diharapkan sebagai tempat untuk membantu mensejahterakan masyarakat

“Sebenarnya ini adalah tugas dinas Arpus dalam program perpustakaan berasis inklusasi, agar perpustakaan mensejahterakan masyarakat dengan berbagai kegiatan,” jelasnya.

Diharapkan dengan dibentuknya IPI Kendal dapat mengakamodir para pustakawan yang ada di Kabupaten Kendal agar lebih bisa terkodinir dengan baik.

“Selama ini mereka tidak terkodinir yang menyebabkan suatu perpustakaan yang ada di sekolah, yang maju tetap maju dan yang belum maju tidak ada perubahan,” katanya.

Sementara itu, pustakawan Dinarpus Kendal, Hartini mengatakan, dibentuknya kepengurusan IPI Kabupaten Kendal dilakukan sesuai hasil rakor di Pemprov yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Kepengurusan IPI Kabupaten Kendal sudah terbentuk, dan bulan Desember besuk akan dilakukan pelantikan,” katanya. (Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!