- iklan atas berita -

METROTIMES,  MESIR – Minggu malam (28/7), Duta Besar RI untuk Republik Arab Mesir, Bapak Helmy Fauzy menutup secara resmi Kejuaraan Nasional ke-7 Pencak Silat Tapak Suci Mesir 2019. Acara diadakan di Arab Contractors Sport Club, Naser City Cairo yang dihadiri oleh lebih dari enam ratus orang penonton yang terdiri dari para staf KBRI Cairo antara lain Atase Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Usman Syihab, para guru Sekolah Indonesia Cairo dan BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing), dan anggota perguruan pencak silat Tapak Suci Mesir beserta keluarga mereka.

Dalam sambutan penutupan, Dubes Helmy menyampaikan bahwa beliau merasa gembira dapat menyaksikan para pesilat yang demikian hebat menunjukkan kemahirannya, dan mengucapkan selamat kepada para juara juga para peserta kejuaraan. Menurut beliau, pencak silat Tapak Suci, selain mengajarkan seni bela diri juga mendidik akhlak mulia bagi para anggotanya, antara lain; bertawadluk dan tidak sombong, bersabar, berani dalam kebenaran dan sikap menghormati orang lain baik di saat bertanding maupun di luar pertandingan. Menurut beliau, ‘Pencak Silat Indonesia menjadi alat diplomasi yang penting dalam menjalin kerjasama antara Indonesia dan Mesir. Untuk itu KBRI selalu aktif mendukung dan memfasilitas semua kegiatan untuk pendidikan dan promosi pencak silat di Mesir ini.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan bahwa pencak silat Tapak Suci mulai diajarkan dan disebarluaskan untuk masyarakat Mesir melalui Pusat Kebudayaan Indonesia (Puskin) sejak tahun 2011. Sejak saat itu, Pencak Silat terus berkembang. Masyarakat Mesir, dari kalangan anak-anak dan pemuda, putra dan putri, banyak yang tertarik dan bergabung untuk mempelajari Pencak Silat. Sampai hari ini lebih dari seribu warga negara Mesir yang menjadi peserta didik perguruan pencak silat, lebih dari 600 di antara mereka belajar di Puskin yang di kota Cairo, selebihnya di kota Alexandria, kota Banha dan beberapa kota lainnya.

Kejuaraan nasional pencak silat Tapak Suci Mesir diadakan dua tahun sekali, yang difasilitasi dan didukung penuh oleh Atase Pendidikan KBRI Cairo, melalui salah satu kegiatan Puskin. Dalam kejuaraan tahun ini, dibuka semua cabang baik dari anak-anak dan dewasa, laki-laki dan perempuan. Selain itu, juga dilaksanakan kejuaranan kategori seni, ganda dan beregu, yang mayoritas peserta merupakan orang Mesir yang belajar silat di Puskin KBRI Cairo.

ads

Pendekar Roni Irawan, ketua Tapak Suci Mesir, mengatakan bahwa hingga saat ini di Puskin, tercatat sebanyak 600 peserta dengan sabuk kuning, sebanyak 20 siswa sabuk biru dan 1 siswa sabuk hitam, dengan pelatih sebanyak 23 orang, dari WNI dan WNA Mesir. Tahun 2018 lalu Ahmad Zaghby, murid Tapak Suci Puskin berhasil menggondol medali perunggu dalam kejuaraan Pencak Silat Internasional di Singapore. Kejuaraan Nasional ke-7 Pencak Silat Tapak Suci Mesir pada babak penyisihan dilaksanakan dari tanggal 14 s.d 23 Juli 2019 di lapangan Puskin, dan babak semi final dan final dilaksanakan tanggal 27 dan 28 yang bertempat di Arab Contractors Sport Club, Naser City Cairo.

Di antara para juara, untuk Kategori Anak-anak Putera, Kelas B (26-30 kg) juara 1: Yasin Tamer Abdel-hakem, juara 2: Harun Hornung, dan juara 3: Omar Osama Ebrahim & Yonis Tamer Abdel-hakem. Untuk Kategori Dewasa Putera, kelas B (50-55 kg), juara 1: Hasmar Hussein Batubara, juara 2: Riski Candra Saputra, dan juara 3: Fachri Fuadi & Elan Abdul W. Kategori Dewasa Puteri, Kelas E (65-70 kg), juara 1: Radwa Sherif Said Hasan, juara 2: Rokayya Ebrahim, dan juara 3: Ganna Ayman Yousef.

Acara penutupan, juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan silat dari beberapa perguruan di Mesir, yaitu Perguruan Tapak Suci, Perguruan Telago Biru dan Perguruan Silat Malaysia. Acara mendapatkam sambutan luar biasa dari para penonton baik dari warga negara Indonesia maupun warga negara Mesir. Di ahir acara, Bapak Duta Besar RI bersama dengan Bapak Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo memberikan piala dan mendali kepada para pemenang. (Hp/WT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!