SMK Negeri 6 Kendal Tanam 10 Ribu Pepaya Golden Excotica

0
708
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – SMK Negeri 6 Kendal mencanangkan penanaman pepaya jenis Golden Excotica sebanyak 10 ribu.

Sekolah yang berbasis pertanian ini di tengah pemdemi covid-19 melakukan pembelajaran melalui daring, namun untuk praktek langsung dilakukan bersama dengan petani.

Menurut Kepala SMK Negeri 6 Kendal, Salim, penanaman pepaya dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan siswa akibat pandemi yang belum kunjung berakhir dengan menanam pepaya jemis Golden Excotica.

“Pepaya jenis ini diusia 4 bulan sejak ditanam sudah mulai berbuah dan diusia 7 bulan sudah bisa untuk dipanen,” kata Salim.

Ia menjelaskan, pepaya yang menyerupai pepaya California ini cocok ditanam di daerah pegunungan atau dataran tinggi.

ads

Dikatakan, SMK Negeri 6 Kendal yang mempunyai jurusan Agribisnis tanaman pangan dan holtikultura bekerjasama dengan CV Ferfiando yang bergerak di bidang tanaman pepaya. Sehingga SMK Negeri 6 Kendal menggandeng para kelompok tani di wilayah Patean dan Bejen Temanggung untuk pemberdayaan tanaman pepaya agar para petani bisa meraup keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan tanaman yang lain.

Salah satu petani pepaya Desa Kalibereng Patean, Edi Susanto mengatakan, petani lebih senang menanam pepaya daripada tanaman lain, hal ini disebabkan dari segi perawatan, tanaman pepaya ini lebih mudah.

“Penjualannya juga mudah dan tidak perlu repot. SMK Negeri 6 Kendal mau menampungnya dan harganya juga jelas, baik untuk grade A maupun Grade B. Petani sangat senang menanam pepaya ini karena ada hasilnya yang jelas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah Cabang 13 Kendal, Ernas Seti mengaku sangat mengapresiasi dengan progam SMK Negeri 6 Kendal yang sangat luar biasa.

“Sekalipun siswa harus belajar secara daring, namun saat praktek, siswa langsung bisa mendapatkan hasil,” terangnya.

Penanaman 10 ribu pepaya dilakukan secara simbolis oleh guru dan forkompimcam di lahan dekat Balaidesa Kalibereng.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!