- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jateng VI (Kota Magelang, Kab. Magelang, Kab. Purworejo, Kab. Wonosobo, dan Kab. Temanggung), Vita Ervina SE MBA, mengajak kepada Kaum Muda Kristen, Perwakilan Protestan dan Katolik (Nasrani) Kota Magelang untuk menjaga Pancasila sebagai dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut dikatakannya saat memberikan Sosialisasi 4 (Empat) Pilar Kebangsaan MPR RI kepada Pemuda dan Pemudi Nasrani Kota Magelang di Wisma Sejahtera Kota Magelang, Minggu (23/05).

Dalam sambutannya, Vita Ervina menerangkan 4 (Empat) Pilar MPR RI yang dimaksud adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Sebagai Umat Kristiani yang tinggal di Indonesia khususnya di Kota Magelang, harus semakin dewasa dalam memaknai nilai-nilai Pancasila. Bagaimana mengimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, memahami dan menerima perbedaan-perbedaan, mampu menghargai orang lain dan sesama yang secara kultural dan agam berbeda dari kita,” terang Vita Ervina.

ads

Ditambahkan olehnya, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa memiliki 5 Sila bersama dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yaitu Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan Indonesia, Nilai Kerakyatan dan Nilai Keadilan Sosial.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, Kaum Muda Nasrani khususnya di Kota Magelang dengan penuh optimisme untuk menghayati, memahami, memaknai dan mengimplementasikan 4 (Empat) Pilar Kebangsaan di kehidupannya masing-masing secara proporsional dengan berperan aktif menjaga keutuhan tanah air dengan memelihara dan mempertahankan NKRI,” imbuhnya.

“Selamat memahami, menghayati dan mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan. Mari wujud nyatakan kasih Kristus dengan mengedepankan kerukunan, toleransi, saling menghormati sesama anak bangsa, dengan demikian kita hadir sebagai Saksi Kristus di tengah dunia,” jelasnya.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini juga dihadiri oleh Direktur Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara sekaligus Dosen Tetap Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Dr. Badrun Alaena M.Si), serta perwakilan para Pendeta. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!