- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) menyelenggarakan Rapimnas dengan mengusung tema ‘Rapimnas IKADIN Wujud Komitmen IKADIN Memperkokoh PERADI Sebagai Satu-satunya Organisasi Advokat’, diadakan di hotel Mercure Surabaya, Jum’at (27/9 /2019).

H. Sutrisno, SH., M.Hum. Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Advokat Indonesia, mengatakan, seharusnya DPP IKADIN menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IKADIN, tetapi DPP menganggap bahwa di tahun 2019 ini mempunyai arti penting dalam perjalanan sejarah advokat Indonesia ke depan, oleh karena itu kami memutuskan bahwa Rakernas diganti dengan Rapimnas Ikadin.

Melihat situasi ini Ikadin merasa terpanggil. Lanjut Sutrisno, Ikadin sebagai Advokat Pejuang terpanggil untuk segera membuat gerakan, agar  bangkit kembali seperti sedia kala, bersahaja. Masyarakat Indonesia sekarang ini merasa bahwa Advokat Indonesia tidak berkualitas, salah satu penyebabnya karena semakin banyaknya organisasi advokat.

“Kita harus memikirkan masa depan dari pada advokat muda yang sudah diangkat, kalau situasi penegak hukum seperti sekarang ini, maka jelas masa depan Indonesia akan menjadi sulit,” ucap advokat kelahiran Pamekasan ini.

ads

“Mari kita rumuskan secara bersama-sama, karena ke depan tantangan kita semakin besar, tantangan ini adalah tantangan bagi dunia profesi advokat,” jelasnya.

“Saya sebagai ketua umum DPP Ikadin meminta kepada Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH., MM.,. untuk  sebagai calon ketua umum Peradi ini harga mati tidak bisa ditawar. Saya sebagai ketua umum yang memimpin di DPP Ikadin akan berada di belakang untuk memenangkannya,” ujarnya.

Mendengar adanya dukungan tersebut, Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH., MM, merasa tersanjung dan siap  dicalonkan sebagai Ketua Umum Peradi. Dia berjanji akan kembali menjadikan Peradi sebagai satu-satunya organisasi advokat tunggal.

“Peradi akan kembali menjadi organisasi advokat tunggal yang dapat berwenang menata profesionalisme advokat nantinya,” ujar  Otto.

Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH., MM. menjelaskan, kami tetap konsisten sebagai organisasi pendiri akan tetap mendukung keberadaan peradilan sebagai salah satu jawaban yang sah, yang dibentuk berdasarkan undang-undang.

Haryanto SH, MH, Ketua DPC Ikadin Surabaya, mengatakan, kami ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara rapimnas Ikadin mempunyai tujuan menyampaikan suatu visi bahwa Peradi tetap mendukung satu-satunya organisasi profesi advokat adalah Peradi dan Ikadin sampai hari ini.

Haryanto menjelaskan, banyak temen-temen dari Ikadin ini yang menjabat ketua DPC Peradi, dengan kaitan itu maka kita juga akan menyambut Munas yang akan dilaksanakan tahun 2020.

“Kita menyamakan satu sikap bahwa DPC DPC ikadin dalam hal ini mendorong kadernya yaitu Profesor Otto Hasibuan untuk dicalonkan menjadi ketua Peradi nanti di tahun 2020 sebagai ketua Peradi,” ujarnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!