- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Loano akhir pekan lalu mengakibatkan pergeseran tanah di Dusun Krasak Desa Mudalrejo, Kecamatan Loano. Akibatnya rumpun bambu yang tumbuh di tebing tepi jalan Purworejo – Banyuasin mengalami longsor, Senin (17/12) malam.

Atas kejadian ini aktifitas warga yang melintasi jalan itu terpaksa harus cari jalan alternatif lain karena tidak bisa dilewati baik roda dua maupun kendaraan roda empat. Namun dari peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa ataupun luka.

Jalan bisa dilewati setelah anggota Koramil 11 Loano, Polsek Loano, Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, Dinas Pekerjaan Umum dan dibantu warga setempat melaksanakan karya bakti untuk membersihkan pohon bambu yang tumbang serta  matrial longsor yang menutup jalan.

Komandan Koramil 11 Loano Kapten Inf Daliman mengatakan menurut laporan dari warga kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 21.45 Wib yang di akibatkan karena ada keretakan atau pergeseran tanah sehingga tanah tidak sanggup menahan rumpun bambu yang cukup lebat.

ads

“Akibat pergeseran tersebut tanah mengalami longsor sepanjang 30 meter dan rumpun pohon bambu menutupi jalan.” jelasnya.

Dengan menggunakan alat seadanya serta di bantu mobil truk baru rumpun bambu bisa di singkirkan ke tepi jalan sehingga jalan bisa di lalui oleh kendaraan roda dua atau roda empat.

“Saya berharap kepada seluruh warga untuk selalu berhati-hati dan waspada apabila terjadi hujan lebat sehingga ditakutkan akan terjadi kembali tanah bergerak.” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Mudalrejo Hartono mengungkapkan, Hujan deras mengguyur Desa Mudalreja pada, Senin (18/12) sekitar pukul 21.45 wib, akibatnya air hujan masuk kedalam tanah sehingga tanah disekitar lokasi retak dan rupun bambu berukuran besar roboh dan menutupi jalan Purorejo-Banyuasin.

“Desa Mudalrejo diguyur hujan deras dan cukup lama sejak Senin sore sekitar pukul 17.00 wib hingga malamnya. akibatnya segerombol pohon bambu itu roboh dan melintangi jalan, sehingga jalan yang menghubungkan Purworejo Kota dan Kecamatan Loano lumpuh total sejak malam hingga selasa pagi.” ungkap Hartono.

“Jalan baru bisa dilewati kendaraan setelah rumpun bambu berhasil dibersihkan oleh tim dari BPBD Kabupaten Purworejo, personil TNI dari Koramil Loano, anggota Polsek Loano serta dibantu warga setempat,” jelas Kades Hartono. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!