- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Taruna Akademi Militer (Akmil) menggelar Upacara Pembukaan Latihan Praja Bakti Tingkat II dan III TP. 2021/2022 selama enam hari mulai tanggal 15 sampai 20 November 2021 yang berjumlah 781 Taruna. Upacara dipimpin Bupati Magelang, Zaenal Arifin, S.IP. di Lapangan Pemda Kabupaten Mungkid Magelang, Senin (15/11).

Bupati dalam sambutannya menguraikan, Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Magelang, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Akademi Militer beserta segenap Civitas Akademika Akademi Militer yang telah mempercayakan Kabupaten Magelang sebagai lokasi Latihan Praja Bakti pada tahun 2021.

“Salah satu fungsi utama TNI adalah melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) sebagai upaya membina hubungan dengan masyarakat guna memantapkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Metode yang digunakan dalam Pembinaan Teritorial diantaranya berupa Operasi Bakti TNI, Pembinaan Ketahanan Wilayah dan Pembinaan Komunikasi Sosial, dimana salah satu wujud implementasi dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pembinaan Teritorial TNI telah dilaksanakan oleh Akademi Militer dengan melaksanakan Latihan Praja Bakti Taruna Akmil,” tegas Bupati Magelang.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, Latihan Praja Bakti mengandung banyak manfaat bagi Taruna, terutama dalam rangka mengaplikasikan materi pelajaran dan pengetahuan teritorial di tengah-tengah masyarakat, yang nantinya akan diterapkan di dalam penugasan para Taruna Akademi Militer di satuan TNI AD. Oleh karena itu, beliau berharap Taruna peserta Latihan Praja Bakti untuk benar-benar memanfaatkan waktu latihan yang sangat terbatas ini dengan sebaik-baiknya, tanpa mengesampingkan pencapaian sasaran latihan yang telah ditetapkan lembaga Akademi Militer, sehingga nantinya Taruna akan memperoleh gambaran komprehensif tentang pelaksanaan aplikasi karya bakti dan bakti sosial secara langsung di masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Magelang.

“Agar jangan ragu untuk melakukan koordinasi dengan Jajaran Pemerintah Kabupaten Magelang apabila memerlukan informasi yang berhubungan dengan latihan kali ini,” pesan Bupati Magelang.

ads

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Candra Wijaya, Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.IP. beserta staf, Inspektur Akademi Militer, Brigjend TNI Saiful Rahman, S.Sos, Direktur Pendidikan Akademi Militer, Brigjend TNI Yudi Yulistyanto, M. A., M.Sc., Komandan Resimen Taruna Akademi Militer, Brigjen TNI Muhammad Muchidin, S.Sos, Kapolres Magelang, AKBP Mochammad Sajarod Zakun, SH, S.I.K, Dandim 0705 Magelang yang diwakili oleh Perwira Penghubung Mayor Infanteri Yakobus Totok, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang yang diwakili Kasi Pidum, Toto Harmiko, SH. Ketua Pengadilan Negeri Mungkid yang diwakili oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Mungkid, Puji Setyawan, SH.,MH, dan para tamu Undangan yang lain. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!