- iklan atas berita -

Metro Times (Fakfak ) Guna menekan laju penyebaran Covid-19 di wilayah Korem 182/JO, Danrem 182/JO merumuskan strategi penanganannya dihadapan para Kepala Daerah di empat Kabupaten Kabupaten Fakfak, Kaimana, Teluk Bintuni dan Manokwari Selatan.

Hal tersebut disampaikan Danrem 182/JO Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zafrul, S.I.P. melalui video conference yang digelar di Makorem 182, Fakfak, Kabupaten Papua Barat. Jum’at (23/7/2021).

Brigjen TNI Yudha mengatakan strategi pertama harus dilakukan ialah dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya prokes dan vaksinasi.

“Ini adalah tangung jawab kita bersama, baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah serta para tokoh agama maupun adat yang ada di Papua dalam penegakkan protokol kesehatan secara tegas, sopan dan humanis,’’ ujarnya.

“Tak kalah pentingnya juga dalam hal mengkampanyekan protkes dan program vaksinasi di empat wilayah Koem 182 yang harus dilakukan secara serius, kontinu dan terus diawasi,’’ terangnya.

ads

Lanjutnya, Strategi kedua ialah bagaimana mendorong ketahanan ekonomi dan sosial kemasyarakatan dihadapkan penerapan PPKM di wilayah Korem 182.

“Mewujudkannya ialah dengan melakukan monitoring terhadap ketersediaan sembako, BBM, serta kebutuhan pokok lainnya yang dibutuhkan masyarakat kita,’’ jelasnya.

“Lalu strategi ketiga ialah bagaimana mempercepat pelayanan kesehatan bagi warga yang terpapar Covid-19, yakni dengan menambah ruang perawatan dan fasilitas kesehatan yang dimiliki RSUD, serta mengaktifkan posko PPKM dan Kampung Tangguh,’’ lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 182 juga memberikan beberapa penekanan tentang pentingnya sinergitas seluruh komponen pada pelaksanaan tugas PPKM.

“Validitas dan perkembangan data harian serta ketersediaan alkes, obat-obatan, tabung oksigen dan swab tes merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan tugas seluruh Satgas PPKM,’’ ungkapnya.

“Parameter keberhasilan itu dapat dilihat dengan menurunnya angka kasus positif, berkurang pasien yang dirawat serta adanya peningkatan masyarakat yang di vaksin,’’ tambahnya.

Dirinya berharap sinergitas yang telah terjalin baik selama ini antara aparat baik TNI, Polri dengan Pemerintah Daerah serta elemen masyarakat lainnya dapat terus ditingkatkan dalam menghadapi pandemi di wilayah masing-masing.

“Dengan soliditas dan sinergitas yang baik dilapangan, kita optimis kedepannya angka penurunan dalam kasus penyebaran Covid-19 akan kita raih bersama,’’ tandasnya.

Selain Bupati Fakfak, Teluk Bintuni, Wakil Bupati Kaimana, Ka Kesbangpol, turut hadir pula antara lain Kasrem 182, para Dandim wilayah Korem 182, para Ka Dinkes serta para tokoh agama, adat dan masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!