- iklan atas berita -

 

 

MetroTimes (Temanggung) Tiga pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati Temanggung, yaitu Bambang Sukarno –Matoha, Haryo Dewandono – Irawan Prasetyadi dan Al Khadziq- Heri Ibnu Wibowo, sepakat untuk menciptakan iklim yang sejuk serta kondusifitas selama Pilkada 2018.

Hal itu disampaikan mereka dihadapan jajaran Forkompinda Temanggung bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) saat melakukan kunjungan silaturahmi ke rumah masing-masing pasangan Calon Bupati dan Wakil bBupati (Cabup dan Cawabup).

Kapolres Temanggung, AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan, bahwa pada saat masa Pilkada semuanya apa-apa menjadi sensitif dan baper, sehingga Ia mempunyai ide untuk melakukan kegiatan silaturahmi ini.

ads

Dikatakannya, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyerap aspirasi dari masing-masing pasangan calon, dan pihaknya menegaskan sebagai aparat keamanan bersikap netral.

“Kami sampaikan juga kepada masing-masing pasangan calon, bahwa kami aparat keamanan dan Forkompinda Temanggung berkomitmen untuk bersikap netral,“ kata Kapolres Temanggung, saat di rumah pasangan calon Haryo Dewandono – Irawan Prasetyadi, Perumahan Maron Baru, Kelurahan Tepungsari Temanggung.

Ia menambahkan, pada forum tersebut, rombongan juga mendapatkan masukan dari masing- masing pasangan calon tentang adanya beberapa pelanggaran yang telah terjadi tentang alat peraga kampanye dan lainnya.

Menurutnya, Polres Temanggung bersama Kodim 0706/Temanggung melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa, serta Pemerintah Daerah sudah berupaya maksimal untuk mengkampanyekan pelaksanaan pilkada secara aman dan damai.

“Kami ingin silaturahim ini menambah rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Siapapun yang terpilih pasti akan menjadi partner kami juga, biar semuanya akrab. Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik,” terang Kapolres.

Senada dikatakan Dandim 0706/Temanggung, Letkol Arm Yusuf Setiaji, Ia mengatakan kegiatan silaturahmi ini adalah inisiatif Kapolres Temanggung yang mempunyai tujuan bagus, yaitu menyamakan misi untuk Pilkada damai.

“Harapannya situasi tetap damai, tujuannya bagus yaitu silaturahmi. Semoga dengan awal yang baik ini kita dapat mencapai cita-cita bersama, yaitu menuju Temanggung yang sejahtera,” harap Dandim Temanggung.

Sementara itu, Ketua FKUB Temanggung, KH M Faizun menyatakan sangat mendukung kegiatan silaturahmi ini. FKUB sejak awal sepakat untuk bersama menjaga keamanan, sampai sekarang sudah melakukan pembinaan terhadap umat untuk mensukseskan Pilkada.

“Kami jajaran FKUB selalu berusaha mengajak kepada umat untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, karena kalau rukun insya Allah aman. Antara aman dan rukun tidak bisa dipisahkan. Khusus untuk Pilkada, kita tidak boleh terlena, jangan sampai ada sesuatu yang menciderai keadaan yang sudah baik ini,” terang KH M Faizun.

Faizun menambahkan, menurutnya paling gampang diadu domba itu lewat isu sara. Maka ia mengharapkan masyarakat bisa menahan diri jangan mudah terprovokasi apalagi sampai diadu domba dengan isu-isu sara.

“Yen menang ojo umuk (kalau menang jangan sombong), yen kalah ojo ngamuk (kalau kalah jangan ngamuk),” pungkas Faizun.

Selain kunjungan ke masing-masing pasangan calon, rombongan Forkompinda Temanggung juga merencanakan kegiatan Kumpul Bersama yang dikemas dalam sebuah acara Coffee Morning, dan direncakan akan digelar di Pendopo Pengayoman, kompleks rumah Dinas Bupati Temanggung.

Pertemuan yang telah diagendakan tersebut tujuannya juga sama, yakni ingin menciptakan Temanggung yang aman, lancar dan damai serta masyarakatnya guyub rukun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!