- iklan atas berita -

Metro Times, (Semarang), Di Desa Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang yang menjadi Kantor Sekertariat OPSI, Kamis pagi (24/8) mendapat kunjungan dan peninjauan dari Team juri Kabupaten untuk menilai kebersihan sungai Klampok dalam ajang lomba komunitas peduli sungai tingkat Nasional.

OPSI adalah sekelompok masyarakat yang prihatin dengan kondisi sungai saat ini yang dalam istilah mereka dalam kondisi “sakit parah dan kritis”. Dan gila mereka bisa menjadi jembatan antara unsur Pemerintah dengan Unsur Perusahaan sekitar sungai Klampok, dimana anggota OPSI juga dari kalangan Perusahaan ada sekitar 45 Perusahaan yang menjalin kerjasama dan membentuk komunitas peduli sungai Indonesia ini.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Muspika Kabupaten Semarang dan Dinas-dinas terkait, juga perwakilan dari beberapa Perusahaan sekitar.

“Ini sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah kepada Komunitas peduli sungai dan bentuk penghargaan komunitas paduli sungai, yang selama ini sangat peduli dan menilai keadaan sungai saat ini dalam keadaan “sakit parah dan dalam kondisi kritis” sesuai kongres sungai Tahun 2015 yang pertama di Banjarnegara sudah ada maklumat bahwa sungai kita dalam keadaan sakit.

ads

Air adalah tubuh, sungai adalah nadiku dan maritim adalah budayaku maka kita sadar bagaimana segera memperbaiki kondisi sungai kita yang sakit ,”tutur Eko Sugianto Kepala bidang sungai, bendungan dan pantai PU Propinsi Jawa Tengah.

“Teman-teman OPSI menilai sungai kita yang sakit parah ini jika tidak ada yang peduli akan semakin parah dengan memberikan pemahaman kesadaran kepada masyarakat dan perusahaan, agar tidak membuang limbah langsung kesungai tanpa ada pengolahan limbah yang sudah ditetapkan dan memenuhi syarat yang berlaku, agar terjaga kelestarian sungai Klampok itu sendiri, ujar Indah Sulistyowati Kepala Balai Pekerjaan Umum sumber daya air sungai Kutho Propinsi Jateng.

“Dengan adanya lomba Nasional peduli sungai ini, adalah bahwa sungai urat nadi kehidupan kita dan merasa mempunyai rasa, memiliki dari sungai disekitar kita dan berharap bisa menang juara satu dalam lomba peduli sungai tingkat Nasional untuk Propinsi Jateng yang diwakili oleh sungai Klampok, Desa Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang agar bisa menyebarkan virus yang positif dan merangsang tumbuhnya kelompok-kelompok baru komunitas peduli sungai yang lainnya ,”Imbuh V.Untoro Kurniawan Kepala bidang UPSDA Pamali-Juwana dan Dirjen Sumber daya air Kementrian PU PN Jateng.

Acara berjalan dengan lancar diselingi dengan hiburan dari Drumblek Desa Jatijajar, dilanjut kunjungan ke PT.Sido Muncul dan PT.Coca Cola Amatil.(Andy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!