- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Banyaknya negara-negara yang berlomba-lomba datang di Indonesia untuk berinvestasi. Pemerintah memandang perlu untuk membentuk Tim Pengawas Orang Asing (Tim PORA). Maka dengan itu Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, mengukuhkan Tim Pengawas Orang Asing (Tim PORA) Jatim , yang dihadiri Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jatim, Dirjen Imigrasi Sony Rompes, dan Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Susi Susilowati, yang diadakan di Hotel Wyndham Surabaya, (14/11).

Kebijakan pemerintah  untuk memperbaiki iklim berinvestasi salah satunya memberikan kemudahan kepada para investor dari mancanegara untuk masuk dan menanamkan modalnya di Indonesia.

“Kemenkumham merupakan salah satu yang mempunyai peran untuk meningkatkan iklim investasi yang kondusif, yang dilakukan oleh Keimigrasian dengan mempermudah perijinan bagi investor asing yang masuk dan berinvestasi di wilayah Indonesia,” papar Yasonna Laoly.

Lanjut Yasonna Laoly, Salah satu kebijakan strategis ialah pemberian bebas visa kunjungan khusus pada pariwisata untuk 169 negara.

ads

” Kebijakan lainnya yaitu penerbitan visa secara online, penerbitan perijinan tinggal secara online, dan berbagai kemudahan lainnya,” ucapnya.

“Kebijakan ini harus diikuti peningkatan kualitas pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia. Namun tetap memperhatikan dan menjaga akselerasi iklim investasi positif dan keamanan kondusif,” lanjutnya.

“Tim PORA dalam bekerja harus bertindak proporsional dan profesional, supaya tidak menimbulkan kegaduhan-kegaduhan yang tidak perlu, karena kita harus tetap menjaga kondisi iklim berinvestasi,” permintaan Yasonna kepada Tim PORA Jawa Timur.

“Tim PORA Jawa Timur merupakan Tim terbesar di Indonesia. Harapan saya Tim PORA Jawa Timur mampu menjaga stabilitas dari sisi keamanan dan perekonomian khususnya untuk membentengi gangguan pengaruh asing yang masuk ke Jawa Timur,” pungkasnya.

Susi Susilowati Kepala Kanwil Kemenkumham, menjelaskan, Tim PORA Jawa Timur berjumlah 568 orang yang berada di seluruh wilayah Jatim.

” Tim PORA dalam melaksanakan tugasnya akan selalu bekerjasama dengan instansi terkait untuk menjaga iklim investasi yang kondusif,” ucap Susi. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!