- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Tino Indra Wardono terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) XIV Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah di Hotel Atria Kota Magelang, Selasa (23/10) malam. Saat sidang tahapan pemilihan ketua yang dipimpin ketua presidium sidang, Siswanto membacakan surat rekomendasi dari Organisasi Kepemudaan (OKP) tingkat Jawa Tengah dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Kabupaten atau Kota se-Jateng.

Dari 80 surat rekomendasi yang masuk ke Panitia, 52 OKP memberikan dukungan kepada Tino Indra Wardono dan 28 DPD KNPI juga memberikan dukungan yang sama kepada Tino. Karena tidak ada nama calon lain yang muncul alias calon tunggal maka presidium sidang langsung menetapkan Tino menjadi nahkoda KNPI Jateng.

“Dengan ini, kami nyatakan dan tetapkan Bung Tino Indra Wardono menjadi ketua KNPI Jateng periode 2018-2021,” ucap Ketua presidium sidang, Siswanto sambil mengetuk ketukan palu tiga kali.

Setelah menetapkan Ketua terpilih, presidium sidang juga menetapkan tim formatur yang berjumlah 9 orang. Kesembilan orang itu diantaranya: Siswanto (utusan DPP KNPI), Tino Indra Wardono (ketua terpilih), Bintang Yudha Daneswara (ketua demisioner), Novita Wijayanti (Ketua MPI Jateng), Reza Fajar Budiono (DPD KNPI Kota Magelang), Ali Fauzan (DPD KNPI Brebes), Solkhah Mufrikhah (PW Fatayat NU Jawa Tengah), Sahal Munir (Badko HMI Jateng-DIY) dan Sugeng Hadiyanto (Taruna Merah Putih (TMP) Jawa Tengah).

“Kesembilan orang itu, diberi waktu selama 30 hari untuk menyusun kepengurusan tiga tahun mendatang,” ungkap Siswanto.

ads

Ketua terpilih, Tino Indra Wardono dihadapan ratusan peserta sidang mengaku siap membawa KNPI kedepan lebih baik lagi.

“Terimakasih atas kepercayaan teman-teman semua. Saya bertekad akan memaksimalkan potensi dan jaringan KNPI untuk kejayaan pemuda Jawa Tengah, mohon dukungan bung-bung dan mbak-mbak semua,” pintanya.

Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Jawa Tengah, Novita Wijayanti meminta kepada para pengurus baru untuk serius dan sungguh-sungguh berkhidmat di Organisasi Kepemudaan tingkat Jateng (KNPI).

“Apa artinya jadi pengurus kalau hanya nampang nama saja, hanya ngebak-ngebaki (memenuhi) CV. Tunjukkan kiprah kalian, peran kalian kalian,” pinta Anggota DPR RI Fraksi Gerindra itu.

Sementara itu, Ketua DPP KNPI, M Rifai Darus mengapresiasi gelaran Musda XIV KNPI Jawa Tengah yang berjalan lancar, aman dan tertib. Ia juga menyampaikan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan agenda Kongres DPP KNPI, dimana forum itu menjadi ajang konsolidasi kepemudaan tingkat nasional.

“Kami bertekad ingin menjadikan organisasi KNPI kedepan, menjadi organisasi tertib, rapi dan sehat. Kami juga senantiasa berkomunikasi dengan Menpora supaya organisasi yang menjadi wadah berhimpunya OKP kedepan lebih baik,” ucapnya.

Pemuda asal Papua itu menambahkan, dirinya mengapresiasi kepada DPD KNPI Jawa Tengah yang menjadi pelopor provinsi pertama kali yang menerapkan UU kepemudaan.

“Setelah provinsi Jawa Tengah, kini diikuti provinsi-provinsi lain, seperti Sumatera Barat, Jatim dan lainya. Hingga hari ini catatan DPP, sekitar 17 DPD Provinsi yang telah menerapkanya,” pungkasnya. (Dn/an)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!