- iklan atas berita -

Metro Times (Jateng) Perkembangan pandemi Covid-19 di Jateng semakin dahsyat. Tiga wilayah kembali dinyatakan zona merah. Fenomena ini menambah jumlah wilayah dengan resiko penularan Covid-19 tinggi menjadi 11 Kabupaten/Kota.

Wilayah dengan risiko tinggi penularan COVID-19 meliputi Kabupaten Kudus, Jepara, Pati, Demak, Grobogan, Sragen, Brebes, dan Kabupaten Tegal. Penambahan zona merah ada di Kabupaten Semarang, Wonogiri, dan Karanganyar.

“Jadi Kudus megar nambah ke Jepara, Pati, Grobogan, Demak. Di Grobogan bawah sedikit Sragen. Sekarang sudah bergerak perbatasan itu Kabupaten Semarang. Masih satu rumpun ini. Yang Sragen ke Karanganyar dan Wonogiri. Sepertinya episentrum bergerak pelan menunjukkan ada mobilitas cukup tinggi di situ. Itu hipotesisnya,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sabtu (12/6).

Ganjar Pranowk meminta seluruh kepala daerah mulai memetakan kondisi di daerahnya. Di antaranya adalah data tempat tidur atau BOR, angka kematian dan kesembuhan, hingga data epidemiologi.

Ia juga meminta daerah memperketat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro serta kesiapan nakes dan rumah sakit.

ads

“Di sisi hilirnya disiapkan betul nakesnya, rumah sakitnya dan sebagainya,” imbuhnya.

Selain itu, Ganjar juga mengimbau daerah meningkatkan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan.

“Tapi yang terpenting adalah edukasinya. Jadi tidak hanya kita nggak boleh, nggak boleh, nggak boleh. Tapi mengedukasi masyarakat agar mereka sadar (protokol kesehatan),” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!