- iklan atas berita -

“Selamat bagi calon mahasiswa UI (Universitas Indonesia) yang diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN,”

Metro Times (Jakarta) Tampaknya ucapan selamat masuk UI, seperti diatas adalah hal yang biasa. Namun, menjadi tidak biasa dengan adanya poster yang dibuat oleh UI, yang berisi konten selamat datang bagi calon mahasiswa yang masuk UI. Kenapa? Simal selengkapnya.

Melalui akun Twitter UI @univ_indonesia pada Senin, 14 Juni 2021. Universitas Indonesia atau UI memberikan ucapan selamat kepada calon Mahasiswa Barunya yang diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN.

“Selamat bagi calon Mahasiswa Baru UI yang diterima melalui jalur SBMPTN. Bagi kamu yang belum berhasil, tidak perlu kecewa karena masih ada jalur SIMAK UI. Yuk, bisa yuk! Ikuti dan pantau akun Media Sosial Resmi UI untuk mendapatkan informasi resmi penerimaan mahasiswa baru,” begitu bunyi deskripsi di kolom kutipan twit tersebut.

Yang menjadi bahan perbincangan adalah, ucapan selamat itu disertai dengan flyer atau gambar sekelompok mahasiswa menggunakan almamater UI berwarna kuning, melayang di atas awan dengan latar belakang langit.

ads

Ada yang menilai desainnya mirip orang hendak masuk surga.

“Kenapa desainnya kayak orang mau masuk surga, sih?” tulis akun @bayuadhtyia.

“Anjay, masuk UI auto masuk surga,” tulis akun @alpokatmentega

“Ni ngajak ke kampus apa akhirat?” tulis @duadImension.

Komentar mengenai poster ini masih terus ramai. Ada juga membandingkan selebaran yang dibuat UI tersebut mirip dengan poster salah satu sinetron yang sempat tayang di salah stasiun televisi nasional.

@Siigit membalas unggahan tersebut dengan mengirimkan poster sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Pengguna Twitter lain pun mengomentari balasan @Siigit tersebut, “Iyaa gua baru mau ngomong mirip ni sinetron,” tulis @axelrmw. Bahkan @findairanti menuduh UI melakukan plagiarisme, “Meniru konsep,” tulisnya.

Selain desain flyer yang, Netizen juga mempertanyakan kemampuan editing. @Widhi_Waskito, pasalnya salah satu mahasiswa dalam foto tersebut logo UI-nya berada di dada kanan almamater, yang mana seharusnya di sebelah kiri.

“Kepo nih… Ada 1 logo tulisannya mirrored (terbalik) gini. Flip Left yak…cropingannya juga terlihat ngga smooth,” komentar akun tersebut.

Selain itu, sejumlah netizen menilai flyer tersebut dibuat secara asal-asalan, pasalnya banyak terjadi kesalahan, seperti margin yang tidak sama, tone warna kulit yang jomplang, serta skala foto mahasiswi tidak sama.

Sementara itu @eghiize berpendapat bahwa selebaran dengan latar belakang langit tersebut menyiratkan pesan agar selalu bermimpi setinggi langit, Saya yakin desain ini menyiratkan pesan agar selalu bermimpi setinggi langit, dan selalu berusaha menggapainya hingga nyawa kalian ikut naik ke langit,” tulis @eghiize.

Netizen lain, @bagusirawan tak segan berkomentar pedas, ia menilai UI sebagai kampus terbaik di Indonesia ternyata masih belum profesional. “Maaf ya…sekelas UI yg kampus terbaik di negara ini ternyata masih belum profesional…makanya pendidikan di negara ini semakin merosot…” tulis akun tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!