Usai Bertugas, Panwascam Ngampel Cek Kesehatan

0
581
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Petuga Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Ngampel usai melakukan tugasnya sebagai pengawas pemilu serentak 2019 melakukan cek kesehatan.

Cek kesehatan yang dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ngampel, Rabu (24/4) untuk mengetahui kondisi kesehatan dari para petugas Panwascam dan untuk mengantisipasi terjadinya penurunan daya tahan tubuh usai melaksanakan tugasnya

Seperti diketahui, pemilu serentak tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya baik secara aturan maupun pelaksanaan, selama 10 hari dimulai dari pengawasan logistik maupun saat pengawasan pemilu serentak, pemilu kali ini lebih menguras tenaga dan pikiran.

ads

Ketua Panwascam Ngampel, Nasro mengatakan bahwa cek kesehatan dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi penurunan daya tahan tubuh dari anggota Panwascam, PPD dan PTPS.

“Dengan cek kesehatan seperti ini dapat diketahui ada tekanan darah naik apa tidak, dehidrasi apa tidak sebab selama menjalankan tugasnya para anggota Panwas banyak yang begadang dan kurang tidur,” katanya.

Diketahui, berdasarkan hasil pemeriksaan medis banyak dari petugas Panwas yang mengalami kelelahan cukup serius, hal ini disebabkan karena kurang tidur dan pola makan yang tidak teratur.

Sementara, Kordinator Divisi Hukum dan Data Informasi Bawaslu Kendal, Arif Mustofifin menyampaikan, sejak saat penghitungan suara dimasing-masing TPS, sudah ada petugas beberapa anggota PTPS, PPD dan PPk yang mengalami sakit dan bahkan meninggal dunia.

“Berdasarkan data Bawaslu Kendal sudah ada 6 petugas baik dari Panwascam, PPD maupun PTPS yang harus menjalani rawat inap di Puskesmas terdekat maupun di Rumah Sakit,” terangnya.

Arif sendiri menyambut baik adanya cek kesehatan yang dilakukan para petugas Panwascam Ngampel, sebab secara progam, Bawaslu Kendal belum mengagendakan.

“Pemeriksaan kesehatan ini merupakan inisiatif dari Panwascam Ngampel, mudah-mudahan Pemerintah Daerah juga memperhatikan kesehatan para penyelenggara pemilu yang harus kerja ekstra keras, sehingga layak jika diberikan cek kesehatan gratis di Puskesmas Terdekat,” pungkasnya.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!