- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jateng VI dari Fraksi PDI Perjuangan, Vita Ervina SE MBA, berkomitmen penuh mengembangkan Jeruk Keprok di wilayah Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Oleh sebab itu, dirinya (Vita Ervina SE MBA) bersama Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura melalui Balitjestro mengadakan bimbingan teknis (bimtek) budidaya jeruk sehat di Telomoyo Nature Park, Desa Pandean, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Rabu (17/11).

“Tujuan bimtek ini sebagai sarana hilirisasi teknologi kepada masyarakat untuk mengembangkan kembali Jeruk Keprok yang dulu menjadi Ikon di Kec. Ngablak,” ujar Vita Ervina.

Dijelaskan oleh Vita Ervina, dirinya sangat mengapresiasi dengan diadakan bimtek ini.

“Saya berharap, ke depan Jeruk Keprok Ngablak dapat berkembang dan kembali seperti masa kejayaannya dulu. Dengan kerjasama dalam pengembangan diharapkan juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Ngablak pada khususnya, selain itu Jeruk yang sudah mulai punah dapat bangkit kembali,” jelas Vita Ervina.

ads

Sementara itu, Kepala Balitjestro, Dr. Ir. Harwanto, M.Si, dalam sambutannya di depan peserta bimtek menerangkan, untuk membangkitkan kembali Jeruk Keprok Ngablak perlu di dukung teknologi budidaya yang tepat.

“Sebelumnya telah didiseminasikan benih jeruk bebas penyakit untuk di tanam di Kec. Ngablak. Melalui bimtek ini, kami menekankan tentang penggunaan benih jeruk yang sehat. Dengan benih yang sehat dan bermutu varietas terjamin, berumur panjang serta vigor tanaman seragam,” tegas Kepala Balitjestro, Dr. Ir. Harwanto, M.Si.

Direncanakan, di awal bulan Desember mendatang akan di tanam sebanyak 1.000 tanaman Jeruk Keprok di Kec. Ngablak. Dimana 1.000 bibit Jeruk Keprok tersebut merupakan bantuan aspirasi dari anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina SE MBA. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!