- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M menghadiri puncak peringatagn Hari Ulang Tahun Korps Wanita TNI Angkatan laut (HUT Kowal) ke 56 tahun 2019 TNI AL Wilayah Timur yang di Pusatkan di Dermaga Koarmada II Ujung Surabaya.

Puncak peringatan HUT Kowal ke-56 tersebut dipimpin langsung Panglima Koarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si dan dihadiri para pejabat Kotama TNI AL Wilayah Surabaya.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M dalam sambutan yang dibacakan Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si  menyampaikan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Korps Wanita angkatan laut ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat bimbingan dan perlindungannya sehingga dalam usianya yang ke 56 tahun mampu memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara.

Menurutnya peringatan HUT ini juga menjadi momentum evaluasi dan intropeksi diri dalam upaya meningkatkan kinerja korps wanita TNI Angkatan Laut ke depan, selaras dengan Instruksi Presiden RI Nomor 9 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender, maka kesempatan bagi wanita Indonesia untuk menjadi anggota TNI termasuk kowal makin terbuka lebar. Saat ini perwira kowal juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan militer sampai jenjang sesko TNI dan pendidikan ilpengtek sampai dengan strata tertinggi yaitu S3.

ads

Dalam bidang penugasan saat ini, prajurit Kowal tidak terbatas pada tugas-tugas administrasi atau perkantoran dan kesehatan saja tetapi sudah mulai berkiprah di bidang yang lebih luas. Hal ini Kowal dapat membuktikan kemampuan diri dan peran penting nya dalam mendukung terlaksananya tugas pokok TNI Angkatan Laut baik nasional maupun internasional seperti misi perdamaian dunia di bawah bendera PBB dan penugasan di satuan operasi seperti KRI .

Kehadiran Korps Wanita Angkatan Laut telah mewarnai jalannya roda organisasi dan kiprah TNI Angkatan Laut dalam meniti pengabdian kepada bangsa dan negara.  Seorang Kowal harus dapat menjalankan peran multifungsi baik sebagai seorang prajurit, sebagai seorang istri, sebagai seorang anak dari pada orang tuanya maupun sebagai seorang ibu dari anak-anaknya.

Sebagai seorang prajurit matra laut, Kowal dituntut harus mampu menunjukkan profesionalisme dan kapasitasnya yang seringkali melampaui kodratnya. Sebagai seorang wanita kegigihan dan ketabahan para prajurit Kowal dalam menghadapi tantangan kehidupan terletak pada semangat dan kekuatan jiwa mereka . Semangat tersebut sangat sesuai dengan tema Hut korps wanita angkatan laut tahun ini yaitu “Memantapkan jati diri sebagai prajurit TNI Angkatan Laut dan memberikan pengabdian terbaik.” (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!