- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Wadan Kodiklatal) Laksamana Pertama TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M., mewakili Dankodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto secara resmi melepas Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan Siswa Kodiklatal “Wira Jala Yudha IX/2019” di dermaga Ujung Koarmada II Surabaya.

Tampak hadir dalam pelepasan tersebut para Pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Dirjianbang Kodiklatal Laksma TNI Budi Kalimantoro, Komandan Kodikopsla Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (han), Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik) Kodiklatal, Asops Koarmada II, Dansatfib Koarmada II serta Para Komandan Pusdik Dijajaran Kodiklatal.

Bertindak sebagai Direktur Latihan (Dirlat) Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019 Kolonel Laut (T) Rudi Hermawan yang sehari harinya menjabat Komandan Pusdiktek Kodikdukum Kodiklatal, sedangkan Komandan Satgas Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019 dijabat oleh Letkol Laut (P) Agung Saptoadi, S.T., M.Tr (Han) yang sehari harinya menjabat Komandan Sefung Pusdiklapa Kodiklatal.

Lattek Layar Wira Jala Yudha IX/2019 tersebut diikuti 1.296 siswa dengan rincian siswa Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Kodikopsla sebanyak 191 orang, siswa Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) 500 orang dan siswa Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) sebanyak 605 orang.

ads

Dalam pelaksanaan Lattek Layar yang dimulai tanggal 23 April hingga 29 April 2019 ini melibatkan dua Unsur KRI Kormada II yaitu KRI Teluk Banten 516 dan KRI teluk Ende-517. Adapun kedua KRI ini merupakan Jenis Kapal Amfibi yang berada dibawah Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II. Sedangkan Route yang akan dilalui antara lain Surabaya-Banongan-Benoa –Surabaya.

Tujuan dari pelaksanaan Lattek Wira Jala Yudha ini adalah memberikan pengetahuan kepada siswa tentang tugas-tugas dikapal antara lain dinas jaga laut pada saat kapal berlayar, jaga anjungan, jaga komunikasi, jaga masak, jaga mesin, jaga pantri dan jaga pengawas atau caraka.

Selain itu Lattek ini bertujuan untuk pengenalan berbagai peran di kapal diantaranya peran operatif, peran administratif dan peran darurat lainnya. Tujuan lainnya adalah memberikan pengetahuan tentang peraturan Dinas Dalam (PDD) KRI, meliputi penaikan dan penurunan bendera, apel pagi, apel siang, apel divisi jaga, parade anjungan ronda malam dan ronda rakit.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pelaksanaan Lattek ini diawali dengan Lattek Pendaratan Siswa Kodikmar di pantai Banongan dilanjutkan Lattek Layar ke Benoa Bali. Sesampai di Bali dilanjutkan pelepasan Tokik, bersih-bersih pantai, donor darah, promosi ke Sekolah-sekolah, Kunjungan ke pejabat Pemda Bali, Olah raga bersama dan malam prajurit.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!