- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Wakil Walikota Magelang, Dra. Windarti Agustina, memimpin rapat koordinasi sensus penduduk 2020 (SP2000) yang diprakarsai oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Magelang bersama Forkopimda di Aula Adipura Kencana Komplek Pemkot Magelang, Kamis (13/02).


Data berperan penting dalam setiap pengambilan keputusan khususnya dalam penyelenggaraan pemerintah, misalnya ada berapa banyak warga miskin yang butuh bantuan kesejahteraan, berapa anak yang belum tersentuh pendidikan, atau berapa banyak cadangan beras untuk menentukan kecukupan pangan dalam 1 tahun. Hal-hal tersebut merupakan contoh bagaimana data begitu penting khususnya bagi pemerintah untuk mengatur hajat hidup orang banyak.

Sebagaimana dengan visi Presiden dan Wakil Presiden untuk 5 tahun ke depan yaitu, terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, berlandaskan gotong royong, dibutuhkan support data yang akurat sehingga penjabaran visi tersebut dapat dituangkan dalam kebijakan-kebijakan yang strategis.

“Diselenggarakan sensus penduduk tahun 2020 memang nantinya tidak hanya dapat memberikan data mengenai jumlah penduduk, penyebarannya, dan karakteristiknya, namun juga mengumpulkan keterangan yang berkaitan dengan parameter demografi sebagai dasar untuk membuat proyeksi penduduk,” kata Windarti, selaku Wakil Walikota Magelang.

“Boleh dikatakan ibarat berlayar, keberhasilan sensus penduduk akan menjadi kompas bangsa Indonesia dalam mengarahkan haluannya untuk berlabuh ke dermaga kemakmuran dan kesejahteraan. Maka menjadi tugas kita semua untuk berpartisipasi aktif menyukseskan sensus penduduk tahun 2020,” tambahnya.

Sensus tahun 2020 akan menggunakan metode kombinasi yang menggabungkan pendataan mandiri secara online dan pendataan dari petugas yang mendatangi rumah warga. Kebaruan metode dalam sensus penduduk yang dirancang oleh BPS dimaksudkan agar masyarakat lebih mudah dalam mencatatkan diri dan memberikan layanan secara nyaman.

“Kelahiran sensus penduduk online tentu perlu kita apresiasi sebagai bentuk inovasi yang memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Kemudahan yang sudah ada seyogyanya menjadi stimulus bagi kita untuk lebih aktif berpartisipasi,” terangnya.

Sensus penduduk 2020 akan menjadi dasar dari penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan regional maupun nasional dimasa yang akan datang.

“Mari kita sukseskan sensus penduduk 2020, karena tahun 2020 Kota Magelang tetap On Track. Jadi saya berharap semua instansi terkait untuk koordinasinya, semua seluruh ASN dapat mensosialisasikannya dan masyarakat Kota Magelang untuk selalu pro aktif,” jelasnya. (rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here