- iklan atas berita -

 

KENDAL, Metrotimes.news – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi bersama masyarakat memanen jagung di Yayasan Rumpun Diponegoro Dusun Pablengan Desa Sidokumpul Kecamatan Patean Kabupaten Kendal. Tanaman jagung yang dipanen berada di lahan seluas 243 hektare dan hasilnya diperkirakan mencapai 1.500 – 1.800 ton.

“Penanaman jagung ini akan kita teruskan. Setelah panen akan segera kita tanam. Dan saya yakin jika kita fokuskan lagi nanti hasilnya akan lebih banyak lagi,” kata Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi, Sabtu (22/6/2024).

Dijelaskan Pangdam, progam ketahanan pangan dilaksanakan sesuai dengan arahan pemerintah. Progam ini dilaksanakan dengan memanfaatkan lahan yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Di sini kita tanam jagung. Di tempat lain bisa tanam padi atau yang lainnya sesuai karakteristik wilayahnya,” ungkapnya.

ads

Dalam acara panen jagung ini, Kodam IV Diponegoro juga membagikan setidaknya 500 paket sembako kepada warga sekitar, memberikan 250 paket yang berisi buku dan tas kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Jateng kepada petani sekitar.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan, Kabupaten Kendal saat ini memiliki lahan persawahan kurang lebih 23.000 hektare. Dengan luasan lahan tersebut, produksi padi mencapai 132.000 ton per tahun dan produktivitasnya sekitar 62, 64 KU/Ha atau 21.000 hektare.

“Jika dihitung produksi dengan jumlah penduduk di Kendal, kita hari ini surplus. Begitu juga dengan produksi jagung. Jika dihitung dengan jumlah ternak yang ada juga mengalami surplus,” kata Dico.

Dikatakan Dico, hasil pertanian tersebut tidak hanya dikonsumsi warga Kendal, namun juga dijual ke luar daerah.

Dico juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pangdam IV/Diponegoro atas kolaborasi terkait progam ketahanan pangan nasional.

“Saya berharap kolaborasi seperti ini tidak berhenti di sini, namun bisa terus ditingkatkan,” harap Dico.

Dico juga mengatakan bahwa Pemda Kendal akan menginisiasi terkait hilirisasi dan nantinya akan berkolaborasi dengan Kodam IV/Diponegoro.

Sementara itu, Takim dari Yayasan Rumpun Diponegoro mengatakan, pihaknya bersama 320 petani binaan dengan dukungan dari Pemda Kendal akan merealisasikan pertanian yang terintegrasi dan mensukseskan progam ketahanan pangan nasional.

“Kami juga bekerjasama dengan mitra-mitra terkait demi mensejahterakan petani dan meningkatkan hasil pertanian,” katanya.

Ditambahkan, hasil panen jagung di Dusun Pablengan saat ini mencapai 8 ton perhektarenya. Dan diharapkan bisa terus ditingkatkan hingga bisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!