- iklan atas berita -

METROTIMES, MANOKWARI – Sejalan dengan rencana strategis penataan organisasi Kodam XVIII/Kasuari tahun 2020-2024 tentang pembangunan kekuatan, kemampuan, dan gelar Kodam XVIII/Kasuari maka pada tahun 2019 telah diresmikan hadirnya Batalyon Infanteri (Yonif) 761/Kibibor Akinting (KA) yang merupakan implementasi dari rencana strategis Kodam XVIII/Kasuari guna melengkapi organisasi dan satuan tempur (Satpur) Infanteri dalam rangka menghadapi potensi ancaman bersenjata yang mungkin muncul di wilayah Papua Barat.

Hal ini dikatakan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P. M.Si., dalam sambutannya saat menghadiri acara hari jadi yang pertama Yonif 761/KA Kodam XVIII/Kasuari, Senin (31/8/2020), di lapangan Markas Komando Yonif 761/KA di Distrik Warmare, Manokwari, Papua Barat.

Makna dari peringatan HUT Ke-1 Yonif 761/KA merupakan wujud dari ungkapan rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas satu tahun berdirinya Yonif 761/KA dan pengabdiannya dalam mendukung keberhasilan tugas pokok Kodam XVIII/Kasuari.

“Selain itu, arti dari ulang tahun satuan merupakan bagian dari proses dalam pembinaan tradisi korps guna memelihara dan meningkatkan semangat juang, kebanggaan, dan kecintaan terhadap TNI AD, sekaligus sebagai momentum introspeksi dan evaluasi diri guna meningkatkan kinerja di masa yang akan datang,” kata Pangdam XVIII/Kasuari.

ads

Pada kesempatan ini Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada segenap Prajurit Kibibor Akinting atas segala dedikasi, kinerja, dan darma baktinya selama ini kepada Kodam XVIII/Kasuari, bangsa dan negara, yang diwujudkan dalam setiap pelaksanaan tugas dengan sukses.

“Saya berharap kehadiran Yonif 761/Kibibor Akinting yang merupakan satuan pemukul Kodam XVIII/Kasuari akan dapat meningkatkan memampuan satuan manuver Kodam dalam menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan, terutama dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Provinsi Papua Barat yang secara geografis sangat luas, dengan kondisi alam pegunungan dan hutan yang sulit dijangkau menggunakan transportasi darat,” ucap Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Hadir dalam peringatan hari jadi yang pertama Yonif 761/KA, Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein, Irdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Steverly C. Parengkuan, Kapoksahli Pangdam XVIII/Kasuari, para Asisten, Kabalak, dan pada Dansat jajaran Kodam XVIII/Kasuari, serta para pejabat Pemda Manokwari, Polri, tokoh masyarakat, agama dan tokoh pemuda dari Distrik Warmare, serta para Perwira, Bintara dan Tamtama Yonif 761/KA. (RED-MTN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!