- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – PT Pamerindo Indonesia kembali menggelar Manufacturing Surabaya, pameran manufaktur terbesar di Timur Indonesia. Seri ke-18 the International Manufacturing, Machinery, Equipment, Materials and Services Exhibition – Manufacturing Surabaya 2024 berlangsung mulai hari ini hingga 20 Juli mendatang, di Grand City Convention & Exhibition Center Surabaya. 

Meysia Stephannie, Event Director PT Pamerindo Indonesia mengungkapkan bahwa Pamerindo berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan industri dan meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan, termasuk eksibitor dan pengunjung pameran. 

“Manufacturing Surabaya 2024 hadir lebih besar, menampilkan merek-merek terkemuka, dengan 284 perusahaan partisipan dari 26 negara/wilayah, yang membawa ragam produk dan solusi teknologi terbaru di industri manufaktur dalam area pameran seluas 5.295m². Selain solusi produk dan inovasi teknologi, pameran ini juga menekankan pada peningkatan kualitas SDM melalui program dukungan bagi pengembangan di sektor manufaktur. Kami berharap, pameran ini dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan industri dan perekonomian Indonesia, terutama Jawa Timur.” Jelas Meysia.

Saat membuka pameran, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, S.T., M.T., menyampaikan, “Sebagai pusat perdagangan dan industri utama di Jawa Timur, Surabaya sangat terbuka terhadap berbagai aktivitas bisnis yang dapat mendorong pembangunan ekonomi inklusif. Shared manufaktur menjadi indikator salah satu dari tiga pilar utamanya. Saat ini, pertumbuhan industri manufaktur Jawa Timur sudah mencapai 35 persen. Meski capaian tersebut telah melebihi target nasional tahun 2045 sebesar 30 persen, kami tetap fokus untuk terus membangun dan mengembangkan SDM berkualitas melalui berbagai program peningkatan ataupun pelatihan.”

ads

Eri menegaskan kembali bahwa pembangunan SDM dan penguasaan IPTEK adalah bagian dari pilar visi dan misi Indonesia Emas 2045, dimana SDM berkualitas dan inovasi teknologi menjadi faktor penting untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan industri manufaktur.

Sebagai platform praktis dan komprehensif, Manufacturing Surabaya 2024 memberikan kemudahan akses bagi para pelaku industri ke berbagai solusi produk, inovasi teknologi, dan tren industri terkini. Tidak hanya itu, pameran ini juga mewadahi berbagai program dukungan bagi pengembangan untuk aspek-aspek kunci industri, termasuk diantaranya Forklift Hero Competition dan Kaizen Clinic.

FORKLIFT HERO COMPETITION

Manufacturing Surabaya menghadirkan program ini guna mempromosikan implementasi transisi energi untuk mendukung sekaligus menjawab tantangan sustainability manufacturing. Didukung oleh Kawan Lama Solution, program berupa kompetisi berhadiah jutaan rupiah ini dirancang untuk operator unjuk keterampilan dalam mengoperasikan forklift bertenaga listrik. 

Hendrian Susanto, Vice President of National Sales Operation Kawan Lama Solution mengungkapkan sebagai penyedia peralatan industri dan komersial terkemuka di Indonesia, pihaknya menghadirkan solusi dan teknologi mutakhir, salah satunya Forklift Electric. “Setiap tahun, kami antusias untuk berpartisipasi dalam pameran ini. Manufacturing Surabaya adalah platform ideal untuk memperkenalkan produk kami kepada para profesional industri. Partisipasi ini tidak hanya membantu kami menjangkau audiens yang tepat tetapi juga memperluas jaringan bisnis secara signifikan, dan memberikan nilai tambah yang substansial bagi perusahaan kami.” 

Selain memperkenalkan produk, Forklift Hero Competition juga menjadi salah satu wujud apresiasi bagi para operator forklift sebagai sumber daya manusia yang memegang peran penting dalam memastikan efisiensi operasional logistik dan warehouse.

KAIZEN CLINIC

Dirancang sebagai platform yang menerapkan prinsip Kaizen, program ini hadir dengan menggarisbawahi kontinuitas perbaikan dalam proses pengolahan di industri manufaktur. Setelah sukses diluncurkan di Jakarta, kini program diperluas ke wilayah timur Indonesia, termasuk Jawa Timur. Melalui sesi konsultasi terjadwal, Kaizen Clinic memberikan dukungan kepada para pelaku industri, mulai dari solusi teknis hingga wawasan untuk peningkatan dan pengembangan organisasi yang mencakup area fokus; Health, Safety, and Environment (HSE), operational excellence, dan digital transformation.

Dana bantuan yang dikelola oleh Politeknik ATMI tersebut, akan disalurkan kepada mahasiswa

Upaya mendukung SDM industri manufaktur tidak hanya terealisasi melalui program-program di pameran Manufacturing Surabaya, melainkan juga di sektor pendidikan. Pamerindo telah berkolaborasi dengan Politeknik ATMI selama bertahun-tahun guna mendukung pembangunan talenta unggul bagi industri, termasuk sektor manufaktur. Kali ini kolaborasi diperluas dengan memberikan bantuan dana pendidikan melalui sinergi Manufacturing Surabaya dan Program Student Fund. Dana bantuan yang dikelola oleh Politeknik ATMI tersebut, akan disalurkan kepada mahasiswa yang membutuhkan dukungan finansial untuk biaya pendidikan.

Tidak sampai di situ, Manufacturing Surabaya juga mendukung alumni Politeknik ATMI dengan memfasilitasi pertemuan melalui program ATMI Alumni Day pada hari kedua pameran. Program ini bertujuan memperkuat hubungan antar alumni, yang diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi dan sinergi untuk kemajuan industri manufaktur.

Peserta pameran terkemuka dari berbagai perusahaan global yang berpartisipasi antara lain Bodor Inc., First Machinery Trade Co., Kawan Lama Solution, Riyadi Group, Yamazen Indonesia dan lain-lain. 

Seri ke-18 pameran dagang industri manufaktur terbesar ini diharapkan dapat menarik 7.000 pengunjung, dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan industri manufaktur di Indonesia Timur.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!