Pj Sekda Kendal Agus Dwi Lestari saat mewakili Bupati Kendal membuka kegiatan peringatan Hari Santri 2024.(Metrotimes)
- iklan atas berita -

 

KENDAL, Metrotimes.News – Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengajak seluruh masyarakat untuk meneladani semangat para santri pada masa dulu. Menurut Bupati Dico, semangat para santri jaman dulu sangat relevan untuk diteladani pada masa kini.

“Jika dulu santri santri berjuang melawan penjajah, maka saat ini santri harus mampu memerangi kebodohan dengan bersemangat menuntut ilmu agama untuk bekal menaklukan tantangan perkembangan zaman yang penuh ujian syahwat dan syubhat,” kata Bupati Kendal Dico Ganinduto yang diwakili PJ Sekda Kendal Agus Dwi Lestari saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan peringatan Hari Santri 2024 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Selasa (15/10/2024).

Dipaparkan, Hari Santri yang diperingati merujuk pada resolusi jihad yang dicetuskan KH Hasyim As’ari pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini berisi seruan berjihad mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dengan melawan penjajah, hingga memuncak pada perlawanan 10 November 1945 yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

“Saya menyambut baik serangkaian kegiatan Hari Santri 2024. Terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengasuh pondok pesantren, para santri dan ormas Islam dalam keikutsertaannya memeriahkan peringatan Hari Santri tahun 2024 ini,” ucapnya.

ads

Dalam kesempatan ini, Dico mengajak para santri untuk merapatkan barisan dan menguatkan hati memaknai kata santri sebagai orang yang semangat dalam belajar.

“Mari kita berjuang mewujudkan peradaban yang lebih baik, lebih adil dan berkah dengan berlandaskan nilai-nilai ajaran Islam,” ajaknya.

Bupati berharap, seluruh kegiatan dalam peringatan Hari Santri 2024 berjalan aman dan lancar, membawa manfaat dan keberkahan.

Sementara itu, H Mahrus selaku ketua panitia peringatan hari Santri menyampaikan, peringatan Hari Santri 2024 diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, lomba membaca kitab, lomba hafalan Al Quran, lomba kaligrafi dan lomba tumpeng.

“Selain itu, ada juga kegiatan ziarah ke sejumlah makam para sepuh. Ini dilakukan muter seKabupaten Kendal,” terang dia.

Dia berharap, dengan peringatan Hari Santri 2024 ini dapat memecut semangat para santri, sehingga bisa meneladani semangat para pendahulu dan bisa menaklukkan jaman.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!