Festival Panahan Kabupaten Kendal 2022 di Stadion Madya Kendal.
- iklan atas berita -

Metrotimes, Kendal – Anggota DPRD Kendal, Sulistyo Aribowo yang juga menjabat Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kendal, mendorong para atlet muda meraih prestasi dengan menggelar Festival Panahan Kabupaten Kendal 2022.

Festival ini digelar selama dua hari sejak Sabtu hingga Minggu 12-13 November 2022 di Stadion Madya Kendal.

Sulistyo Aribowo mengatakan, sengaja menggelar Festival Panahan Kabupaten Kendal 2022 karena pihaknya berharap para atlet panahan di Kendal bisa mendulang prestasi.

“Olahraga panahan ini kan sunah bagi umat muslim. Jadi kita terus mendorong mereka agar tak hanya mendapatkan sunahnya saja tapi juga bisa berprestasi,” kata Sulistyo Aribowo, Minggu (13/11/2022).

Dikatakan Aribowo, Festival Panahan kali ini digelar selama dua hari sejak Sabtu hingga Minggu 12-13 November 2022. Di hari pertama, kegiatan diisi dengan pelatihan pelatih panahan untuk pelatih tingkat pelajar mulai SD, SMP dan SMA.

ads

“Kami berharap dengan pelatihan pelatih ini dapat mengoptimalkan peran pelatih di sekolah-sekolah, karena saat ini banyak sekolahan yang telah memiliki alat-alat bermain panahan tapi belum bisa optimal dalam prestasinya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam festival panahan juga digelar sebuah turnamen dengan berbagai kategori, diantaranya kategori U-10, U-12, U-15 dan U-18. Selain itu ada juga kategori umum dengan peserta dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

“Total pesertanya mencapai 400an. Mereka berasal dari Jateng, Jatim, DIY, Jabar dan DKI Jakarta,” ungkapnya.

Ditambahkan, Perpani Kendal di ajang Porprov Jateng kemarin ikut ambil bagian dengan mengirimkan 5 atletnya. Dari sejumlah atlet yang dikirim ke Porprov, ada 1 atlet yang berhasil lolos.

Ketua KONI Kendal, Subur Isnadi mengaku sangat mengapresiasi gebrakan Perpani Kendal yang dipimpin Sulistyo Aribowo dengan menggelar Festival Panahan Kabupaten Kendal 2022.

“Ini gebrakan bagus sekali setelah sekian lama Perpani ini vakum. Apalagi jumlah pesertanya juga sangat banyak,” ucapnya.

Dia berharap, dengan digelarnya festival panahan dapat menggali atlet-atlet muda unggul di Kendal, sehingga bisa ikut tampil di even-even tingkat nasional.

Kepala Disporapar Kendal, Ircham Chalid mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung digelarnya Festival Panahan oleh Perpani Kendal. Dukungan yang diberikan merupakan wujud sinergitas Pemerintah Kabupaten Kendal dengan setiap cabor.

“Kita sediakan anggaran untuk kegiatan Festival Panahan ini, karena kita mendukung munculnya bibit atlet muda di cabor panahan ini,” kata Ircham Chalid.

Sementara itu, Muhammad Zaki Hidayatullah (12), salah seorang peserta yang ikut dalam kategori U-12 mengaku sangat senang bisa mengikuti festival panahan ini.

“Ya senang. Saya juga sudah melakukan persiapan dengan latihan setiap hari seusai pulang sekolah,” kata Zaki pelajar kelas 6 SD yang baru saja meraih juara 3 di ajang Piala Presiden 2022.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!