Raider di Kendal Enduro saat mencapai garis finish.
- iklan atas berita -

Metrotimes, Kendal – Ketua Komisi A, H Munawir dan para anggota DPRD Kendal yang menjadi petinggi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Kendal berhasil meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM. Hal ini terlihat saat mereka menggelar Kendal Mountain Bupati Cup Enduro Challenge 2022 dengan menggandeng sejumlah pelaku UMKM.

Even ini digelar ISSI Kendal di lereng Gunung Prau Desa Kalipakis Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, Minggu (13/11/2022).

H Munawir selaku Ketua ISSI Kendal menyampaikan, Kendal Enduro yang digelar untuk mengangkat potensi pariwisata yang ada di Kendal, merupakan even perdana yang dilakukan ISSI Kendal.

“Even ini digelar untuk mencari bibit atlet sepeda nasional, kegiatan ini bertujuan menarik pandangan masyarakat, baik nasional bahkan internasional, potensi wisata luar biasa di Kendal serta produk UMKM lokal yang unggul,” kata Munawir.

Dijelaskan Munawir, dalam even ini setidaknya ada 221 rider dari berbagai penjuru daerah di Tanah Air yang turut memeriahkannya. Mereka berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta Kalimantan, Riau atau Batam dan Ambon.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, dengan penyelenggaraan event ini menandakan bahwa Kendal mampu dan siap melaksanakan hingga tingkat nasional.

Dico juga mengatakan, dengan diselenggarakan even sebesar ini tentunya berdampak pada branding Kabupaten Kendal.

“Suksesnya acara ini juga berdampak pada kepercayaan publik untuk menyelenggarakan even-even di Kabupaten Kendal dan berdampak pula bagi para pelaku UMKM yang menggelar dagangannya di acara ini,” kata Dico.

Dikatakan, dampak domino dari diselenggarakannya acara ini telah sesuai dengan apa yang menjadi harapannya setelah adanya pandemi Covid-19 yang telah meluluhlantakkan perekonomian.

“Pada gelaran event ini kita juga melibatkan para pelaku UMKM Kendal. Sebab, dampaknya luar biasa yakni meningkatkan ekonomi UMKM Kendal serta mengenalkan ciri khas UMKM Kendal kepada para peserta. Sehingga branding Sport of Tourism berkibar dimana-mana,” jelasnya.

“Alhamdulilah tim dari Kendal mampu menjuarai event ini #Race Enduro Challenge 2022. Kedepan akan kita selenggarakan event ini lebih semarak lagi. Dengan menambah spot rute yang tak kalah menantang,” imbuhnya.

Sementara itu, Dicky Farhan Mauludin, seorang rider dari Kendal berhasil meraih juara pertama diajang ini dalam kategori Men Elite.

Dia berhasil melewati lima spesial stage (SS) dengan rute yang cukup panjang dan mencapai finish dengan total waktu 9 menit 24 detik. Ia merasa senang bisa meraih juara pada event ini dan menceritakan tantangan yang dihadapinya.

Dipaparkan, SS pertama, danau Banaran, yang konturnya berupa tanah masuk hutan sedikit kemudian danau dengan panjang 1,1 kilometer. Untuk SS kedua, panjang 1,4 kilometer, SS ketiga panjang 1,1 kilometer dan SS keempat panjang sekitar 1,5 hingga 1,6 kilometer.

Sedangkan untuk SS kelima berupa urban, yakni para rider diberi rute jelajah di perkampungan warga, masuk gang, juga teras rumah warga, sampai di venue lapangan.

“Yang tersulit adalah saat melewati SS tiga dan empat. Karena di SS tersebut sangat menguras tenaga. Alhamdulillah bisa melalui semua dan bisa menang,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini