- iklan atas berita -

 

Metrotimes (Fakfak). Aksi penanaman bibit pohon bakau atau dikenal dengan nama manggrove (Rhizophora.sp), dilakukan oleh Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Fakfak bersama murid-murid SD YPPK di Kampung Gewerpeh, Fakfak (24/01).

Kegiatan ini bertujuan agar siswa/i / para murid-murid sekolah dasar mengenal lingkungan, penanaman bibit mangrove tersebut sangat baik dan merupakan upaya untuk menjaga bibir pantai dari abrasi dan juga mengurangi resiko bencana alam. Hal ini dijelaskan Kasat Polairud Fakfak Iptu Arif U. Rumra, S.Sos. kepada metrotimes melalui WhatsApp.

Iptu Arif Rumra; “Adapun manfaat dari giat penanaman pohon Mangrove tersebut Sbb : Mencegah intrusi air laut, Mencegah erosi dan abrasi pantai, Sebagai penyaring alami, Sebagai tempat hidup satwa laut. Selain itu juga untuk menjaga keseimbangan alam terhadap biota laut dan ekosistem lainnya,”

Iptu Arif U. Rumra Kasat Polairud Polres Fakfak juga berharap dengan ditanamnya pohon Mangrove ini, alam sekitar terutama pantai dapat terjaga dengan baik sehingga abrasi pantai dapat dicegah.

“Saya berharap dengan adanya aksi penanaman mangrove tersebut bisa menjadikan alam sekitar terutama pantai bisa terjaga dan setelah adanya penanaman mangrove diharapkan masyarakat sekitar juga bisa menjaga dan merawatnya, sehingga nantinya bermanfaat bagi semua,”

ads

Kegiatan penanaman bibit pohon bakau dipimpin Oleh Kasat Polairud Iptu Arif U. Rumta, S.Sos. beserta staf dan diikuti Kepala sekolah SD YPPK Gewerpeh Fakfak Bapak Fransiskus Rahamgmetan,S.Pd. dan para dewan guru beserta murid-murid dan warga masyarakat sekitar yang berjumlah kurang lebih 300 orang.

Iptu Arif U. Rumra, S.Sos menyampaikan apresiasi dan terima kasih melalui media ini kepada pihak sekolah SD YPPK GEWERPE yang mana telah bersedia dan ikut bersama dalam rangka bakti peduli lingkungan penanaman pohon Mangrove tahun 2020.

Kegiatan penanaman bibit pohon mangrove pada hari Jumat tanggal 25 Januari 2020 dimulai pukul 08.00 wit. Bertempat di pesisir pantai kampung Sungai Gewerpe Fakfak dan berakhir pada pukul 09.30 wit. Seluruh rangkaian bakti peduli lingkungan penanaman pohon mangrove selesai, situasi berjalan lancar dan aman kondusif, closing statement Iptu Arif kepada metrotimes.news.《frances》

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!