Metro Times (Purworejo) Ratusan warga dari berbagai desa dan kecamatan di Kabupaten Purworejo menyatu dalam even bertajuk Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) yang digelar oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Purworejo di Alun-alun Kecamatan Kemiri, Jumat (20/5). Mengangkat semangat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2022, even kali ini sekaligus menjadi momentum bangkitnya kesehatan dan ekonomi masyarakat setelah dua tahun dihantam pandemi Covid-19.

Di bawah arahan tiga instruktur, seluruh peserta berkostum dominasi merah serempak mengikuti gerakan senam Sicita yang memadukan berbagai gerakan tubuh yang dinamis dengan iringan musik penuh semangat. Antusias peserta kian meningkat saat berbagai doorprize di antaranya, satu unit kulkas dua pintu, sepeda, mesin cuci, TV LED, serta puluhan hadiah lain mulai dibagikan di atas panggung hiburan.

“Hari ini kita mengadakan gerakan massal seluruh Indonesia, yaitu Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita), di tingkat nasional ini sekaligus pemecahan rekor. Nah, untuk Kabupaten Purworejo diselenggarakan di Alun-alun Kecamatan Kemiri, dengan peserta masyarakat umum,” kata Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi.

Diungkapkan, pemerintah saat ini telah menerapkan pelonggaran terhadap kebijakan Covid-19 sehingga PDIP ingin mengajak masyarakat untuk membangkitkan semangat setelah terdampak pandemi. Selain itu, perlu disadari bahwa pembangunan negara tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik, melainkan juga pembangunan manusia, termasuk di dalamnya sektor kesehatan. Hal itulah yang mendasasi PDIP untuk menggelar senam secara massal.

“Harapannya tentu untuk membangkitkan semangat masyarakat pasca pandemi Covid-19, tentunya juga untuk mengajak supaya masyarakat sadar pentingnya olahraga demi kesehatan,” ungkap Dion yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Purworejo tersebut.

Dion menyebut, sosialisasi senam telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu dengan menginformasikan di setiap sanggar senam hingga PKK di seluruh wilayah Kabupaten Purworejo.

“Peserta ada sekitar 800 yang hadir, dari seluruh wilayah Kabupaten Purworejo, nanti rencana bulan Agustus juga akan diadakan lomba senam yang dilaksanakan di Kecamatan Purworejo,” sebut politisi muda PDIP itu.

Dalam senam massal kali ini juga dibagikan hadiah undian kepada peserta senam. Hadiah tersebut diberikan untuk membangkitkan animo masyarakat.

“Kami sangat senang karena animo masyarakat sangat tinggi. Melalui even seperti ini kami sekaligus ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat, menjaga kedekatan dan menampung aspirasi mereka,” tandasnya.

Nurkhasanah (31), salah satu peserta senam asal Desa Brengkol Kecamatan Pituruh mengaku senang dengan adanya even tersebut. Selain menambah kebugaran dan menjalin silaturahmi dengan pesenam lain, pengelola PAUD dan sanggar senam ini juga menjadi salah satu peserta beruntung yang mendapatkan doorprize 1 unit kipas angin.

“Alhamdulillah, kebetulan ini PAUD yang saya kelola sedang butuh kipas angin karena yang terpasang sedang rusak,” ujarnya.

Tidak hanya itu, adanya senam massal juga turut mengangkat ekonomi pelaku UMKM. Terbukti, stand produk minuman kesehatan dan jamu tradisional berlabel Wedang Sakinah yang dibukany bersama sang suami, laris manis diserbu pembeli.

“Ini sekaligus menjadi ajang promosi produk UMKM,” ucapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini