- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Seorang bayi mungil ditemukan dalam kardus di samping Mushola Nurul Huda Desa Kemiri, Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Belum diketahui siapa gerangan orang tua dari bayi malang tersebut.

Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo mengutarakan bayi itu ditemukan dalam kondisi hidup. Saat ditemukan diduga bayi itu baru berusia satu hari dalam kondisi tali pusar masih utuh.

“Ditemukan Senin 10 Juni 2024 kurang lebih pukul 17.30 Wib di Samping Mushola Nurul Huda Ikut Dusun II Rt 02 / Rw 02 Desa Kemiri Kecamatan Gebang,” kata Kapolres, Selasa (11/6).

Eko menceritakan sore itu seorang warga bernama Muhyanto (71) hendak melaksanakan sholat Maghrib di Mushola Nurul Huda. Saat ia baru tiba di Mushola itu ia mendengar suara tangisan bayi. Penasaran dengan suara itu ia pun langsung mencari sumber suara tangisan tersebut.

Alhasil ia menemukan bayi tersebut di samping Mushola di sebuah kardus dengan posisi tertutup. Selanjutnya Muhyanto bersama warga lainya yakni Komsatun (53) mendekatinya lalu membuka kardus tersebut dan didapati ada bayi mungil di dalamnya.

ads

Atas penemuan itu warga bergegas menghubungi Bidan Desa setempat. Warga juga menyampaikan penemuan bayi itu ke Polsek Gebang, Reskrim dan Tim Inafis Polres Purworejo, Dinas Sosial.

Saat itu juga bayi tak berdosa itu dibawa ke Rumah Sakit Tjitro Wardoyo Purworejo untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan serta identifikasi.

“Dari hasil pemeriksaan medis dan Unit Indentifikasi Satreskrim diketahui bahwa bayi dalam keadaan hidup, berjenis kelamin perempuan, Berat Badan 2,3 Kg, Tinggi badan 45 Cm, bayi diperkirakan masih berusia 1 (Satu) hari dan ada tali pusar sepanjang 10 Cm” tambah Kapolres.

Dari hasil identifikasi di lapangan, diduga bayi itu sengaja dibuang oleh orang tuanya. Saat ini Unit PPA Satuan Reskrim Polres Purworejo masih melakukan penyelidikan.

Kapolres mengimbau masyarakat tidak mencontoh perbuatan membuang serta menelantarkan bayi. Selain berisiko hukum, anak merupakan anugerah dari Tuhan yang harus kita rawat dan dijaga sebaik-baiknya.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!