Metro Times (Purworejo) Alumni SMA Negeri 1 Purworejo yang tergabung dalam Paguyuban Muda Ganesha (MG) bakal menggelar wisata belanja oleh-oleh khas Purworejo yang dikemas dalam even bertajuk Belanja Produk (Beduk) Purworejo pada 5-6 Mei 2022 mendatang. Dalam even yang dipusatkan di kompleks SMAN 1 (Smansa) Purworejo tersebut, masyarakat khususnya pemudik dari berbagai daerah dapat mengunjungi puluhan stand yang menawarkan aneka produk UMKM unggulan sekaligus refreshing dan bersilaturahmi.

Ketua Panitia Beduk Purworejo yang juga Direktur Perumda Air Minum Tirta Perwitasari Purworejo, Hermawan Wahyu Utomo ST MSi (MG 90), menyebut Beduk Purworejo diinisiasi oleh MG lintas angkatan untuk mengenalkan dan menyediakan produk-produk unggulan UMKM Purworejo kepada para pemudik. Menurutnya, UMKM memiliki peranan penting dalam peningkatan ekonomi di daerah. Terlebih di Kabupaten Purworejo yang memiliki banyak varian produk berciri khas lokal dan berdaya jual tinggi.

Namun, seperti diketahui bersama, bisnis UMKM menjadi salah satu sektor yang paling merasakan dampak pandemi Covid-19.

“Telah banyak upaya dilakukan, baik oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat, untuk membantu para pelaku UMKM agar tetap bisa produktif. Nah, lewat even ini Muda Ganesha tergerak untuk ikut menguatkan upaya tersebut, meskipun hanya dalam skala kecil,” sebutnya, Kamis (27/4).

Diungkapkan, even ini terbuka untuk umum mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Tidak hanya alumni SMA N 1 Purworejo, semua kalangan masyarakat dapat menikmati berbagai acara yang telah disiapkan khusus oleh panitia.

Selain bazar produk unggulan UMKM, selama dua hari penyelenggaraan juga akan disuguhkan beragam hiburan, seperti pentas seni, Mini Fun Trip Naik Jeep, dan perlombaan menarik. Ada pula latihan menembak berhadiah, arena bermain anak sehingga cocok menjadi wahana wisata keluarga.

“Sesuai tagline kita yakni wisata belanja oleh-oleh khas Purworejo, even yang baru perdana digelar ini sekaligus menjadi sarana berwisata dan bersilaturahmi karena bertebatan dengan masa libur lebaran. Kita bisa bertatap muka dengan teman atau kerabat yang sudah lama tidak bertemu, tentu tanpa meninggalkan protokol kesehatan,” katanya.

Lebih lanjut Hermawan mengungkapkan bahwa jumlah pemudik pada masa libur lebaran tahun ini diprediksi melonjak sehingga menjadi momentum yang tepat bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan dan memasarkan. Apalagi, di tengah kegiatan masyarakat yang mulai menggeliat.

Karena itu, pihaknya mengajak kepada para pelaku UMKM untuk menggelar produk-produknya. Produk yang dapat ditawarkan meliputi kuliner khas Purworejo, tekstil, oleh-oleh, kerajinan/souvenir, wisata, perkebunan, pertanian, peternakan, dan lainnya. Stand disediakan secara gratis dan hasil yang diperoleh nantinya seratus persen kembali pada pemilik produk.

“Panitia menyiapkan sekitar 49 stand dan saat ini sudah cukup banyak yang melakukan konfirmasi untuk terlibat. Kami berharap, pelaku UMKM dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan segera mendaftar,” ungkapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini