- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Berkreasi tiada henti , Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mengadakan pelatihan keterampilan Hand Painting, dan membuat Design Packaging yang dibalut dalam acara talk show bertempat di Joglo Majapahit Kesatrian Kodiklatal Bumimoro, Surabaya pada Kamis (29/9/2022).

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, dan Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Wiek Ahmadi Heri serta Pengurus Inti PP Jalasenastri secara virtual dari Gedung Pengurus Pusat (PP) Jalasenastri di Jakarta. Selain itu tercatat kurang lebih 1.000 peserta mengikuti kegiatan pelatihan melalui media zoom meeting, dan sekitar 223 peserta mengikutinya melalui akun media sosial You Tube dan Instagram Kodiklatal. Para peserta adalah anggota organisasi Jalasenastri jajaran TNI AL dari Sabang hingga Merauke. Kegiatan pelatihan juga turut diikuti secara offline oleh 40 orang peserta yakni anggota dan pengurus PG Jalasenastri Kodiklatal.

Dalam pelatihan keterampilan virtual yang mengusung tema ”Berkreasi Tiada Henti Inovatif dan Produktif Bersama PG Jalasenastri Kodiklatal” ini menghadirkan dua narasumber yakni Bapak Rulli Suwismawan, S.Ds dari Indonesia Design and Development Center (IDDC), serta Ibu Maria Nofita, S.Pd, pemilik galeri Raditajaya dan Ibu Esti , Ketua Ikatan Wanita Pelukis Indonesia wilayah Jawa Timur.

Dipandu oleh Syarifah Olvah Alhamid sebagai moderator, Bapak Rulli Suwismawan, S.Ds sebagai narasumber pertama secara lugas menyampaikan tentang bagaimana cara membuat design packaging dan branding atau merek yang menarik sehingga mampu menambah nilai jual suatu produk. Dalam sesi selanjutnya, Ibu Maria Nofita dan Ibu Esti dengan luwes menyampaikan teknik membuat keterampilan Hand Painting dengan metode balon, spons dan kuas pada beragam media seperti tas dengan bahan kain, sepatu kanvas, dan pada baju-baju dengan motif polos atau sederhana.

Sang moderator pun cukup istimewa, sebab Syarifah Olvah Alhamid merupakan seorang model asal Papua Barat, Indonesia. Ia adalah pemenang kontes Puteri Indonesia Papua Barat 2015 dan mewakili Papua Barat dan meraih posisi 5 Besar di kontes Puteri Indonesia 2015 serta mendapat penghargaan Puteri Intelegensia.

Sementara itu dalam sambutannya Ny. Etta Suhartono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, yang telah memberikan kesempatan kepada Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal untuk menampilkan kreasi dan seni, baik keterampilan maupun kegiatan secara virtual.

“Semoga dengan adanya keterampilan virtual ini, dapat bermanfaat bagi ibu-ibu Jalasenastri terutama yang memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM), dapat meningkatkan nilai jual produknya dengan packaging dengan desain yang menarik. Dan bagi Ibu-Ibu lainnya bisa memberi inspirasi dalam berkreasi melalui keterampilan hand painting menggunakan beragam media,” tutur Ny. Etta Suhartono.

Acara pelatihan keterampilan berjalan meriah dengan penampilan kolaborasi kesenian angklung dan Campursari ibu-ibu PG Jalasenastri Kodiklatal , Kembang Sisihaning Samudro yang membawakan lagu Glimpse of Us dan Jalesveva Jayamahe. Turut hadir dalam kegiatan yakni Wakil Ketua PG Jalasenastri Kodiklatal Ny. Insani Rachmad Jayadi, serta para pengurus inti PG Jalasenastri Kodiklatal. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini