- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon. Meriahkan Upacara Perayaan Hari Armada Tahun 2023, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr. Opsla tampilkan Demo Kolone Senapan dan Bela Diri dalam Upacara Peringatan Hari Armada Tahun 2023 bertempat di Lapangan Apel Mako, Lantamal IX, Baguala, Kota Ambon pada Selasa. (05/12/23)

Armada merupakan kekuatan utama pertahanan maritim yang lahir sejak tahun 1945, ditandai dengan pembentukan unsur-unsur administratif Armada di setiap pangkalan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). Komando Armada ALRI secara sah diresmikan pada tanggal 5 Desember 1959. Dalam perjalanan sejarahnya, Armada telah membuktikan sebagai kekuatan utama dalam menegakkan kedaulatan dan hukum di wilayah NKRI.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada Upacara Peringatan Hari Armada Tahun 2023 ini bertindak selaku Komandan Upacara adalah Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IX Ambon Mayor Marinir Tamyasin Hehanussa yang merupakan Putra Daerah Maluku asal dari Pulau Seram.

Dengan tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju” Brigjen Said Latuconsina memberikan apresiasi atas demonstrasi Prajurit Jalasena Samudera Lantamal IX yang menampilkan Kolone Senapan dan Bela Diri sebagai wujud pembinaan fisik dan ketrampilan satuan TNI Angkatan Laut.

Demonstrasi Kolone Senapan adalah demonstrasi menggunakan senjata laras panjang dengan sangkur terpasang yang memerlukan kerjasama tim/kelompok disertai disiplin tinggi, ketelitian dalam bergerak, ketahanan fisik dan stamina, akurasi gerakan yang tepat, ketaatan terhadap perintah.

ads

Selain itu, prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) Lantamal IX yang berprestasi aktif mengikuti berbagi kompetisi beladiri di tingkat daerah maupun nasional juga menampilkan kemampuan bela diri sebagai bentuk kesiagaan dan keberanian prajurit dalam hadapi musuh disertai ketangkasan dan kekuatan fisik.

Pada pelaksanaan upacara HUT Armada RI tahun 2023 Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Lakasamana TNI Dr. Muhammad Ali S.E., M.M., M.Tr Opsla menyampaikan amanat yang dibacakan oleh Wakil Komandan (Wadan) Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa S.E., M.Tr. Opsla menjelaskan bahwa peringatan Hari Armada Tahun 2023 dimaknai sebagai momentum untuk merefleksikan diri dan bersyukur atas nikmat yang telah dianugerahkan.

Brigjen Said Latuconsina mengajak seluruh satuan jajaran Lantamal IX untuk selalu terus berproses dan memperbaiki diri dalam menjaga wilayah laut agar aman dari berbagai tindakan pelanggaran, giat melaksanakan pembinaan potensi maritim dengan mengembangkan potensi yang ada di wilayah kerja Lantamal IX bekerja sama dengan semua pihak baik TNI Polri, pemerintah daerah, instansi kemaritiman, akademisi, penggiat lingkungan maupun masyarakat guna bersama-sama membangun kekuatan laut untuk kesejahteraan masyarakat, serta mewujudkan Jalasveva Jayamahe.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!