- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Minggu (19/6/2022) Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen Said Latuconsina, M.M., M.T., menyambut KRI Dewaruci, kapal layar latih legendaris yang berada di bawah satuan kapal bantu Koarmada II, dengan Komandan Mayor Laut (P) Sugeng Hariyanto, M.Tr.Opsla. bersama Laskar Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara 2022, tiba di Pelabuhan Banda Neira Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah.

Dalam penyambutan KRI Dewaruci, Komandan Lantamal IX Ambon didampingi oleh 4 (empat) Belang Adat dari Kampung Adat Namasawar, Kampung Adat Lonthoir, Kampung Adat Selamon dan Kampung Adat Waer. Perhatian masyarakat dan pemerintah daerah begitu besar terhadap kehadiran kapal legendaris KRI Dewaruci ini, hal itu terlihat pada saat kapal kebanggan Indonesia itu sandar di dermaga, langsung disambut meriah dengan diawali pengalungan selendang kepada komandan kapal, para pejabat kementerian, dan perwakilan pemuda/pemudi dari Laskar Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara tahun 2022. Selanjutnya kegiatan acara penyambutan disuguhkan tarian adat Cakalele. Perlu dipahami bersama bahwa Budaya Jalur Rempah ini sudah menjadi Warisan Budaya Dunia UNESCO dari Indonesia yang merupakan tradisi berabad-abad perdagangan rempah-rempah melalui jalur laut dari pelabuhan satu ke pelabuhan lain.

Penjelasan singkat tentang KRI Dewaruci, adalah sbb, bahwa kapal ini telah diproduksi di Galangan kapal H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman, yang pekerjaanya telah mulai dibuat pada tahun 1952, kemudian diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953, sekaligus ditugaskan pada tahun 1953. Adapun karakteristik KRI Dewaruci, adalah kerajaan musim timurkani panjang 58,3 meter (191,27 ft) lebar 9,50 meter (31,17 ft), KRI Dewaruci telah menjadi duta samudra dan maritim Indonesia selama puluhan tahun dan menghasilkan pemimpin-pemimpin besar TNI Angkatan Laut.

Sekilas tentang Tarian Cakalele, yang ditampilkan pada penyambutan KRI Dewaruci di Banda Neira, adalah bahwa tarian ini memiliki sejarah yang istimewa sebagai salah satu tarian tradisional warisan leluhur bangsa Indonesia. Filosofi dari gerakan Tari Cakalele yang telah digelar dan dipertunjukkan masyarakat Maluku dalam upacara adat seperti, pelantikan raja, peresmian Baileo, perayaan hari Pattimura, dan berbagai acara adat negeri lainnya.

Adapun dalam kegiatan penyambutan KRI Dewaruci dan Laskar Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara 2022 dihadiri, Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., Aspers Lantamal IX, Asintel Lantamal IX, Aspotmar Lantamal IX, Asrena Lantamal IX, Direktur Kebudayaan masyarakat adat Bapak Samsul Hadi, S.H., M.M., Kadisparpora Malku tengah Drs J.R. Wattimena, Kepala Kecamatan Banda Neira, Danramil 1502-01/Banda, Kapolsek PP Banda, Danpos TNI AL Banda, Kepala Kejaksaan Negeri Cabang Ambon di Banda, Kepala KSOP Banda, Para KPNA sekecamatan Banda, dan Perwakilan tokoh Agama, tokoh Adat dan masyarakat.

ads

Dalam sambutan Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (MAR) Said Latuconsina, M.M., M.T.,menyampaikan apresiasi serta mendukung dan bangga kepada anak-anak Laskar rempah yang telah mengarungi lautan menggunakan KRI Dewaruci. Bukan sesuatu yang mudah dan ringan berlayar mengarungi lautan menggunakan kapal latih layar tersebut, mereka harus kuat fisik dan mental menghadapi tantangan ombak lautan dengan kondisi kapal layar. “Saya menyambut baik kedatangan kalian, bangga dengan mental dan fisik kalian, dan mengucapkan selamat datang di Banda Neira Provinsi Maluku, ” ungkapnya.

Direktur Kebudayaan masyarakat adat Bapak Samsul Hadi, S.H., M.M., dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Banda Neira yang telah menyambut KRI Dewaruci dan Laskar Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara 2022, dengan antusiasme dan sangat meriah. “Saya melihat masyarakat Banda Neira begitu kompak dan sangat antusias dalam penyambutan kedatangan kami,” tuturnya

Acara dilanjutkan dengan foto bersama yang dilaksanakan diatas kapal latih layar legendaris tersebut dan dilaksanakan open ship bagi masyarakat Banda untuk bisa mengunjungi KRI Dewaruci, yang merupakan kapal kebanggaan seluruh rakyat Indonesia itu. (

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!