- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Dinsosdaldukkb Kabupaten Purworejo menggelar menyelenggarakan Fasilitasi Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Masuk Sekolah (TMS) di Kecamatan Grabag, Selasa (06/09/2022). Kegiatan itu menjadi salah satu upaya meningkatkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana, khususnya di wilayah Kabupaten Purworejo yang memiliki tingkat risiko bencana tinggi.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, dihadiri perwakilan Direktorat PSKBA (Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam) Kus Budiharto, Dinsos Provinsi Jateng Edy Yunarto AKS, Kepala Sentra Antasena Magelang MK Agung Suhartoyo MSi, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Purworejo, Forkopimcam Kecamatan Grabag, dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Wabup menyambut baik dan mengapresiasi dilaksanakannya fasilitasi pembentukan KSB dan TMS, karena kegiatan ini merupakan salah satu langkah antisipasi dini menghadapi bencana berbasis masyarakat. Wilayah Kabupaten Purworejo terdiri dari dataran, pegunungan, perbukitan, dan pantai memungkinkan terjadinya berbagai jenis ancaman serta memiliki potensi bencana yang tinggi.

“Berdasarkan perhitungan BNPB tentang Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) Tahun 2020, indeks resiko bencana Kabupaten Purworejo menempati urutan ke 36 tingkat Nasional dan peringkat dua tingkat Provinsi Jawa Tengah, dengan kelas risiko tinggi,” jelasnya.

ads

Lebih lanjut Wabup meminta agar nilai tersebut tidak dipandang sebagai angka belaka. Namun, hendaknya dapat menjadi panduan bagi para pengambil kebijakan di tingkat nasional dan daerah untuk menentukan prioritas upaya penanggulangan bencana di daerahnya masing-masing, termasuk meningkatkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak lengah dan harus selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana. Dengan dibentuknya KSB dan TMS diharapkan semakin memperkuat kewaspadaan dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana secara dini,” tandasnya.

Sementara itu, Plh Kadinsosdaldukkb selaku Ketua Penyelenggara, Widyowati Dyah Anggraheni SH MH, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dan meluaskan jangkauan wilayah siaga bencana.

Dijelaskan, Fasilitasi Pembentukan KSB dan TMS berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 6 s.d 8 September 2022.

“Kegiatan melibatkan 410 peserta dari delapan desa. Desa tersebut meliputi Desa Ukirsari, Desa Nambangan, Desa Kertojayan, Desa Pasaranom, Desa Munggangsari, Desa Patutrejo, Desa Ketawangrejo, dan Desa Harjobinangun,” jelasnya. (Adv/22)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!