- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hampir dipastikan tidak akan membuat poros baru pada bursa pencalonan bupati dan wakil bupati Purworejo pada Pilkada serentak 2024.

Tidak memunculkan figur internal untuk membuat poros baru, DPC PKB Purworejo rupanya memilih untuk bergabung dan mengusung pasangan Yuli Hastuti-Dion Agasi Setiabudi sebagai bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Purworejo.

“DPC PKB Purworejo 90 persen sudah mengarah ke salah satu nama. Kalau 10 persennya kan keputusan dari DPP,” kata Ketua DPC PKB Purworejo, Fran Suharmadji, Rabu (7/8).

Menurutnya putusan DPC sudah melalui berbagai pertimbangan, terutama terkait kesamaan visi dan misi untuk kemajuan Purworejo kedepan. Terkait hal itu komunikasi politik terhadap pasangan Yuli-Dion selama ini cukup intens

Secara organisatoris, lanjut Fran PKB pula sudah duduk bersama dengan Golkar serta PDI Perjuangan. PKB memandang pasangan Yuli-Dion bisa membawa aspirasi dan sejalan dengan visi misi PKB.

ads

Selain itu dalam tahap penjaringan Yuli Hastuti maupun Dion Agasi disebut sudah mengikuti mekanisme kepartaian yang dilaksanakan PKB. Masing-masing memasukan berkas pendaftaran lalu menjalani uji kelayakan kepatutan (UKK).

“Sejak awal tahap penjaringan dibuka, secara keseluruhan yang mendaftar melalui PKB ada lima orang, termasuk ibu Yuli Hastuti dan Pak Dion,” imbuhnya.

Ditanya tentang surat rekomendasi dari DPP PKB, Suharmadji menyebutkan bahwa pihak terus melakukan komunikasi. Diperkirakan rekomendasi itu akan segera terbit dan dikirim ke Purworejo dalam pekan ini atau pekan depan.

Dukungan PKB terhadap pasangan Yuli-Dion menambah daftar partai yang sudah berkomitmen untuk mengusung pasangan tersebut pada Pilkada serentak 2024. Selain PKB, sebelumya Ketua DPC Partai Nasional Demokrat (NasDem) Purworejo, Eko Januar telah memastikan bahwa partainya akan mengusung pasangan tersebut dalam Pilkada nanti.

Bahkan, komitmen itu telah diwujudnyatakan melalui penerbitan surat rekomendasi dari DPP Partai NasDem. Untuk Golkar dan PDI Perjuangan hingga kini belum ada konfirmasi resmi, namun dapat dipastikan dua partai pemegang kursi terbanyak di DPRD Purworejo itu akan mendukung pasangan ini. Mengingat, Yuli Hastuti merupakn Ketua Umum DPD Partai Golkar Purworejo, sedangkan Dion Agasi merupakan Ketua Umum DPC PDI Perjuangan.

Dengan demikian, setidaknya saat ini pasangan Yuli-Dion akan mendapat dukungan dari empat partai yakni Partai NasDem, PKB, Golkar serta PDI Perjuangan.

Pada Pemilu serentak Februari lalu, NasDem berhasil memperoleh empat kursi, PKB enam, Golkar delapan dan PDI Perjuangan memperoleh kursi terbanyak yakni sembilan kursi di DPRD Purworejo. Dengan demikian sejauh ini pasangan ini akan maju dengan dukungan 27 kursi sehingga memenuhi syarat untuk mendaftar ke KPU pada 27 Agustus mendatang.

Di luar empat partai tersebut, potensi penambahan dukungan dari partai lain terhadap pasangan Yuli-Dion masih terbuka lebar.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!