- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus menunjukkan prestasinya. Kali ini (15/2/2020), prestasi terbaru telah diraih oleh Choirul Mahfud, dosen agama Islam, yang berhasil untuk pertama kalinya mempublikasikan artikel karya ilmiah di jurnal bereputasi internasional yang terindeks Web of Science (WoS) dan Scopus Q1 dalam bidang religious studies. “Alhamdulillah, betul sekali untuk pertama kalinya, kami dosen agama Islam di ITS turut mencoba berkontribusi dalam publikasi bereputasi internasional”, ungkap Choirul.

“Terimakasih kepada semua pihak. Khususnya kepada Prof Zakiyuddin dan tim editor dari Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) IAIN Salatiga yang telah membantu menerbitkan paper kami sehingga masuk indeks WoS dan Scopus Q1”, jelasnya.

Menurut Choirul bahwa capaian hasil sementara publikasi internasional ini merupakan langkah pertama yang perlu dilanjutkan di langkah berikutnya. “Langkah awal dalam capaian ini, kami wajib bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh pimpinan ITS, kolega dosen dan semua pihak yang selalu mendukung, sehingga terus bisa ikut berkontribusi dalam skala lokal hingga internasional”, ungkapnya.

ads

“Secara lebih umum, saya juga ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada para pengelola jurnal yang telah membantu menerbitkan artikel kami, sehingga bisa terbit dan bermanfaat bagi kemajuan semua”, imbuhnya.

Choirul menyebutkan bahwa jasa para editor jurnal di tanah air dan juga semangat kolaborasi antar penulis dan semua pihak turut mendukung motivasi untuk terus menulis. “Luarbiasa. Patut diapresiasi kerja dan kinerja para kolega dan pengelola jurnal di dalam negeri yang rasanya tidak kalah dengan di luar negeri”, jelas Choirul.

Menurut Choirul Mahfud, menulis jurnal hingga publikasi memerlukan energi dan sinergi. “Dengan bekerjasama, semua pekerjaan berat jadi terasa lebih ringan”, imbuhnya.

Choirul yang kini juga menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Kajian Kebijakan Publik Bisnis dan Industri (KPBI) ITS menjelaskan bahwa publikasi jurnal merupakan satu dari sekian tugas dosen yang termaktub dalam tugas tri dharma perguruan tinggi. “Tugas dosen dalam penelitian dan publikasi merupakan sumbangan yang bermanfaat untuk ikut memajukan kampus ITS sebagai world class research university”, jelasnya.

Choirul Mahfud menyadari bahwa tugas dosen agama Islam di kampus teknik seperti di ITS, khususnya dalam hal publikasi internasional, tentu saja tidaklah semudah membalik telapak tangan. “Meski tidak mudah, namun kami tidak boleh menyerah dan perlu terus mencoba untuk melakukan semaksimalnya yang terbaik dan bermanfaat bagi semua”, ungkapnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!