- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Komandan Lantamal IX (Danlantamal IX) Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., mendukung pelaksanaan kegiatan Diskusi Ilmiah Ekspedisi Jala Citra 2 – 2022 “Banda” di atas geladak buritan KRI Teluk Lada – 521 yang bersandar di Dermaga Irian Komplek Lantamal IX Halong, Baguala, kota Ambon. Kamis (21/07/2022)

Sesaat sebelum pelaksanaan kegiatan, Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksdya TNI Nurhidayat, S.H., M.A.P., disambut dengan pengalungan selendang dan Tarian Lenso di Dermaga Irian.

Kegiatan Diskusi Ilmiah yang digelar secara hybrid tersebut, diawali dengan Menyanyiakan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Laksdya TNI Nurhidayat, S.H., M.A.P., yang sekaligus membuka acara kegiatan Diskusi Ilmiah Ekspedisi Jala Citra 2 – 2022 “Banda”. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Panglima Koarmada III dan Komandan Lantamal IX yang telah mendukung fasilitas penyelenggaraan diskusi ilmiah tersebut, serta para hadirin yang hadir baik secara tatap muka langsung dan video conference.

“Ekspedisi yang diberangkatkan pada tanggal 16 Juli 2022 yang lalu, merupakan ekspedisi yang berkolaborasi dengan para peneliti dari Kementerian/lembaga terkait, perguruan tinggi, dan profesional serta pihak swasta yang bergerak di bidang survei dan pemetaan kelautan ini, dilepas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI bersama Kepala Staf Angkatan Laut di Jakarta”, tambah Danpushidrosal.

Ekspedisi pelayaran yang sudah berlangsung selama 35 hari tersebut merupakan suatu kegiatan penelitian kelautan dengan tema “Mengungkap keberadaan fitur bawah laut dan massa air purba serta karakteristik akustik bawah air di perairan Laut Banda sebagai wilayah pertahanan maritim”.

ads

Diskusi ilmiah yang diselenggarakan pada saat ini juga bertujuan untuk mendengarkan gambaran dan perkembangan penelitian dari ekspedisi kelautan ini dan memberikan saran serta masukan atas hasil sementara penelitian yang sedang berlangsung.

“Dengan Ekspedisi Jala Citra 2 – 2022 ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh peneliti nasional, maupun negara dan bangsa”, harap Laksdya TNI Nurhidayat.

Kegiatan diskusi ilmiah kemudian dilanjutkan dengan paparan dari para pemapar peneliti yang terlibat dalam Ekspedisi Jala Citra 2 – 2022 “Banda”, yaitu Kapten Laut (P) Affan Fadhilah, S.T., M.Sc., Peneliti dari Pushidrosal (Chief Scientist Etape 1), Triyono, M.T., Peneliti Pusat Riset Kelautan, BRSDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan (Chief Scientist Banda Naira), Dr. Luli Gustiantini, Peneliti Balai Besar Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan, Kementerian ESDM, Kapten Laut (KH) I Wayan Sumardana, M.Si., Peneliti Pushidrosal (Chief Scientist Etape 2), serta Ir. Irma Kesaulya, M.Sc., Ph.D., Peneliti Universitas Pattimura.

Turut Hadir pada kegiatan diskusi ilmiah, Kementerian/Lembaga terkait, perwakilan dari Pemerintah Provinsi Maluku, para Pejabat dari Lantamal IX Ambon dan Pushidrosal, Rektor dan Dekan Unpatti, para peneliti Jala Citra 2 – 2022 “Banda” serta para tamu undangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!