METRO TIMES TNI Angkatan Laut. Dalam rangka mempererat tali silahturahmi dan memelihara kerukunan hidup antar umat beragama di Provinsi Maluku, Danlantamal IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menghadiri acara halal bi halal yang digelar oleh Pengurus Pusat Pardomuan Batak Provinsi Maluku, bertempat di Auditorium Kampus Unpatti, Poka, Teluk Ambon, kota Ambon. Sabtu (21/05/2022)

Halal bi halal 1443 H/ 2022 M bersama Pengurus Pusat Pardomuan Batak – Hikamsu Provinsi Maluku kali ini mengambil tema โ€œDengan Semangat Falsafah Adat Dalihan Na Tolu , Sucikan Hati Dalam Indahnya Kebersamaan dan Keragaman Silaturahmi Antar Warga Batak dan Keluarga di Perantauanโ€. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan Laporan Ketua Panitia Kolonel Anggit Tambunan, serta hiburan dari artis Trio Ambisi yang didatangkan langsung dari Medan, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan sambutan pertama dari Ketua Umum Pengurus Pardomuan Batak – Hikamsu Provinsi Maluku Dr. Ir. R. B. D. Sormin, M. Si., menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada tamu undangan yang hadir.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak ibu dan saudara yang sudah hadir dalam undangan halal bi halal hari ini, dan tak lupa pertama-tama sebagai umat yang beriman dan beragama kepada Tuhan Yang Maha Esa patutlah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena cinta dan kasihnya memungkinkan kita dapat mengikuti acara halal bi halal pada hari ini”, tambah beliau.

Beliau juga menjelaskan arti dari filosofi adat Dalihan Na Tolu dalam acara halal bi halal tersebut yaitu kesetaraan, kebersamaan dan saling menghormati. “Menjadi makna yang Hakiki dari falsafah adat Dalihan Na Tolu yaitu kebersamaan, saling menghormati dan juga kesetaraan antar sesama”, tutur beliau

“Kami berharap acara ini terus berlanjut dan berkesinambungan, dan bisa dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya”, tutup beliau dalam sambutannya.

Sambutan kedua juga disampaikan Ketua MUI Provinsi Maluku Dr. H. Abdullah Latuapo, beliau menyampaikan ucapan rasa bangga dan terima kasih atas undangan halal bi halal tersebut. Beliau juga berharap semoga dengan adanya acara halal bi halal ini, bisa memupuk rasa saling menghormati dan menghargai serta menumbuhkan kerukunan antar sesama umat beragama.

Serta sambutan terakhir disampaikan dari Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, “Saya ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada tamu undangan yang hadir serta rasa bangga kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara halal bi halal ini dengan sukses”.

Dimana bumi di pijak disitulah langit dijunjung, harapan Pangdam XVI/Pattimura dalam acara halal bi halal yang di gelar oleh Pengurus Pusat Pardomuan Batak Provinsi Maluku.

Acara halal bi halal tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyerahan santunan secara simbolis kepada perwakilan anak yatim piatu, serta tausiah agama halal bi halal yang disampaikan oleh Dosen IAIN Ambon Ustadz Dr. Abidin Wakano, M. Ag.

Dalam tausiah agama tersebut, beliau menyampaikan bahwa makna halal bi halal pada dasarnya adalah sebagai ajang silaturahmi dan saling hormat menghormati antar sesama umat beragama agar tercipta kerukunan hidup antar umat beragama. Selain itu juga sebagai sarana menyambung silaturahmi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., Irwasda Polda Maluku, Kapolresta Ambon, Kajati Provinsi Maluku, Ketua MUI Provinsi Maluku, Ketua Umum Pengurus Pardomuan Batak Provinsi Maluku, Ketua Umum Hikamsu Provinsi Maluku, Penceramah Dosen IAIN Ambon Ustadz Dr. Abidin Wakano, M. Ag., para tokoh masyarakat dan para tokoh agama serta para tamu undangan terkait.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini