METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Warga negeri Kabauw, kecamatan Pulau Haruku, Maluku Tengah memberikan gelar adat Upu Karia Mahisa kepada Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., penyematan gelar adat tersebut dilaksanakan dan disaksikan seluruh warga di Baileo Asy’ari. Dengan penuh suka cita, seluruh masyarakat menyambut kedatangan tamu kehormatannya datang. Minggu (27/03/2022)

Di sela-sela kegiatan, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina berkunjung ke Kabauw, pulau Haruku, untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial penanaman pohon kenangan di Masjid Jami Tarosari 1 dan penanaman mangrove yang dilaksanakan di Pantai Waer Putih, pelaksanaan rangkaian acara tersebut dalam rangka 30 tahun Pengabdian Persada 92 AAL-38 yang berlokasi di Negeri Kabauw.

Sebelum prosesi pengukuhan dan penerimaan gelar adat, Danlantamal IX beserta rombongan disambut hangat di kediaman Raja Negeri Kabauw. Dan dilanjutkan dengan acara seremonial di Rumah Pusaka Panglima Perang Hatuhaha, Kapitan Rembessy Matakau.

Pengukuhan gelar adat dilakukan oleh Raja Negeri Kabauw Upu Karia Samasuru Zainudin Karepesina dengan ditandai penyematan penutup kepala merah dililit kain berwarna emas dan baju adat warna putih.

Dengan pemberian gelar adat tersebut, maka Danlantamal IX resmi menjadi warga kehormatan dan putra adat Negeri Kabauw dengan gelar Upu Karia Mahisa.

Dalam sambutannya, Raja Negeri Kabauw menjelaskan bahwa acara pengukuhan dan pemberian gelar tersebut merupakan apresiasi dari seluruh masyarakat Negeri Kabauw atas jasa Danlantamal IX Ambon kepada negeri tersebut yang telah memberikan sumbangsih yang luar biasa bagi negeri Kabauw.

Lebih lanjut, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., dalam sambutanya mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi serta kebanggannya karena telah diberikan gelar tersebut, dan sekaligus menjadi bagian dari masyarakat adat desa Kabauw.

Beliau berharap, dengan gelar adat tersebut, dapat ikut bersama-sama masyarakat Negeri Kabauw untuk membangun daerah tersebut di masa mendatang serta dapat melaksanakan kepercayaan serta amanat yang diberikan warga Kabauw kepada dirinya dalam mengemban tugas.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil ketua DPRD Provinsi Maluku, Wadan Lantamal IX, Perwira Perwakilan AAL-38, para Pejabat Utama (PJU) Lantamal IX, Dansatrol Lantamal IX, Ketua dan Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III (DJA III), serta seluruh pimpinan kecamatan Pulau Haruku, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh warga Negeri Kabauw.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini