- iklan atas berita -

Metro Times (Solo) Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) mendorong para pemangku kepentingan (Stakeholder) dan pelaksana kebijakan pendidikan agar melakukan akselerasi peningkatan kualitas literasi dan numerasi di lingkungan satuan-satuan pendidikan (Satpen) di kota Semarang

Ketua DPKS Dr Drs Budiyanto SH, M.Hum mengatakan, langkah percepatan itu harus ditempuh untuk mewujudkan harapan Walikota Semarang yang ingin mewujudkan Semarang hebat dan semakin hebat antara lain dibidang pendidikan.
“Data yang disampaikan narasumber Drs Slamet dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah, Drs Slamet pada saat rapat kerja DPKS di Solo menyebutkan bahwa rapor pendidikan di kota Semarang masih harus dipacu,” kata Budiyanto saat menutup raker di Solo Rabu (22/6).

Budiyanto menyitir apa yang disampaikan Drs Slamet bahwa hasil Rapor Pendidikan dibidang literasi dan numerasi masih pada garis minimum. Oleh karena itu merupakan tanggung jawab bersama khususnya para kepala sekolah dan semua guru untuk lebih meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik agar penguasaan literasi dan numerasi meningkat secara maksimal dan meningkatnya disiplin dalam belajar dan tata tertib sekolah serta terbangunnya karakter yang lebih baik.

Menurut Budiyanto, agenda raker yang berlangsung selama dua hari, selasa-rabu (21-22/6) berjalan dinamis, baik pada sesi agenda input narasumber yang dilanjutkan dengan diskusi maupun dalam rapat pembahasan materi raker di tingkat komisi maupun pleno komisi.

Informasi dari BBPMP Provinsi Jateng itu, lanjut Budiyanto, langsung direspon peserta raker dan menjadi salah satu bahasan pokok dalam rapat komisi raker yang terbagi dalam tiga komisi, yakni; pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan non formal/informal.

ads

Dia menambahkan, pembahasan itu menghasilkan sejumlah rumusan hasil rapat kerja dewan pendidikan kota Semarang diantaranya perlunya percepatan peningkatan literasi dan numerasi agar dunia pendidikan dapat memberikan kontribusi yang lebih maksimal dalam mendukung terwujudnya Semarang hebat dan semakin hebat.

Selain itu, ujarnya, raker juga merekomendasikan kepada pemangku dan pelaksana kebijakan pendidikan agar menjaga konsistensi dalam memberikan perhatian terhadap pendidikan karakter peserta didik di seluruh satpen yang ada di kota Semarang.

Budiyanto mengingatkan, baik pemangku maupun pelaksana kebijakan pendidikan jangan abai terhadap pendidikan karakter peserta didik, apalagi saat ini sudah ada indikasi gerakan infiltrasi merusak karakter di lingkungan satpen.
“Mari kita bergerak bersama, kerja keras yang dipimpin oleh Walikota Bp Dr Hendrar Prihadi SE MM dalam mewujudkan Semarang hebat dan semakin hebat sesuai dengan proporsi masing masing. DPKS mengajak masyarakat pendidikan agar pada era Belajar Merdeka ini kualitas dan mutu pendidikan di kota Semarang makin berkualitas dan bermutu” katanya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!