- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo mulai mensosialisasikan Permen PUPR Nomor 8 Tahun 2023. Dengan peraturan tersebut analisa harga satuan pekerjaan (AHSP) bidang cipta karya dan perumahan semakin detail.

Kepala Bidang Cipta Karya dan Bina Konstruksi Dinas PUPR Purworejo, Rizky Kozari Permen 8/2023 merupakan perubahan dari Permen Nomor:1 tahun 2022. Penerbitan peraturan ini untuk mempermudah menentuan AHSP pada dua bidang pekerjaan tersebut.

“Untuk bidang cipta karya dan perumahan analisanya lebih dimutahirkan. Sebelumnya bidang ini hanya menggunakan 582 analisa. Dengan peraturan yang baru ada lebih dari 1800 analisa yang digunakan,” kata Rizky, di sela kegiatan sosialisasi di sebuah hotel di Purworejo, Kamis (16/5).

Menurutnya ada cukup banyak penambahan analisa dalam Permen PUPR terbaru tersebut. Beberapa jenis pekerjaan yang dulu tidak ada analisa kini sudah ada. Hal itu tentu akan mempermudah kinerja PPK maupun konsultan perencanaan.

“Sekarang tidak ada pekerjaan yang tidak ada analisanya. Dulu konsultan perencanaan melakukan analisa sendiri untuk pekerjaan-pekerjaan yang belum ada dasar analisanya. Mulai sekarang semua sudah ada dalam Permen PUPR nomor : 8 tahun 2023,” imbuhnya.

ads

Kelebihan AHSP setelah peraturan tersebut diterbitkan, ujar Rizky, kajian ahli lebih akurat karena mengacu pada aturan yang sama. Selain itu semua analisa sudah dicover secara lengkap dan detail pada peraturan tersebut.

“Kelebihan lainya, Permen ini mempermudah dalam menentukan koefisien karena analisa lebih detail,” ujarnya menambahkan.

Ia mengutarakan, Permen 8/2023 telah disahkan dan berlaku sejak 30 Agustus 2023. Untuk itu dia berharap seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) sudah menerapkan Permen tersebut.

“Dengan Permen ini konsultan pelaksana tidak boleh menggunakan analisa sendiri. OPD pun diharapkan semua mulai menerapkan dan mulai sekarang kita tidak lagi berdebat tentang aturan mana yang harus dipakai,” ujarnya pula.

Sosialisasi yang berlangsung sehari ini diikuti para konsultan perencana, lembaga penyedia konsultan serta OPD di Purworejo. Setelah sosualisasi tersebut diharapkan seluruh OPD menerapkan satu peraturan yang sama dalam melakukan AHSP terutama pada bidang cipta karya dan perumahan.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!